Pengaruh Disiplin Belajar dan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 3 Nganjuk

Elvitasari, Aprilia Dewi (2021) Pengaruh Disiplin Belajar dan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 3 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932105017 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932105017 1,2,3.pdf

Download (511kB)
[img] Text
932105017 4,5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text
932105017 6,dp.pdf

Download (359kB)
[img] Text
932105017 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 3 Nganjuk, 2) Pengaruh teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTsN 3 Nganjuk, 3) Pengaruh disiplin belajar dan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 3 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTsN 3 Nganjuk dengan sampel 146 siswa yang tersebar dalam 10 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan jenis teknik random sampling dengan pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data korelasional. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan 1) Terdapat pengaruh positif dan sighnifikan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam kategori lemah dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,359 dan koefisien determinasi sebesar 0,129, hal ini berarti 12,9% ditentukan oleh disiplin belajar siswa. 2) Tidak terdapat pengaruh teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai koefisien sebesar 0,143 dan koefisien determinasi sebesar 0,020. Hal ini berarti hanya 2% ditentukan oleh teman sebaya. 3) Terdapat pengaruh positif dan sighnifikan secara simultan disiplin belajar dan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa sebesar 13,5% dalam kategori rendah dengan koefisien korelasi sebesar 0,367.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:04
Last Modified: 24 Aug 2021 04:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2527

Actions (login required)

View Item View Item