Peranan Industri Genteng dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Muslim di Dusun Templek Desa Gadungan Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri

Nurmaya, Ana (2015) Peranan Industri Genteng dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Muslim di Dusun Templek Desa Gadungan Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
COVER.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT dan lampiran.pdf

Download (436kB)

Abstract

Usaha rumahan atau industri merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu daerah dan negara, terutama di Indonesia. Industri memberikan kontribusi cukup banyak dalam hal penyerapan tenaga kerja sehingga mengurangi angka pengangguran dan menambah penghasilan masyarakat. Di daerah Kediri bagian utara, tepatnya di Dusun Templek Desa Gadungan Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri terdapat industri genteng. Usaha ini termasuk kategori usaha rumahan, sehingga cukup banyak menampung karyawan. Dari latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana keberadaan industri genteng di Dusun Templek Desa Gadungan Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri?, 2) Bagaimana kesejahteraan masyarakat muslim di Dusun Templek Desa Gadungan Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri?, 3) Bagaimana peranan industri genteng dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat muslim di Dusun Templek Desa Gadungan Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri?. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun proses analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tahapan yang terakhir adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan beberapa teknik yaitu perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dalam penelitian ini diperoleh temuan penelitian, yaitu: (1) Bahwa keberadaan industri genteng sejak zaman Belanda hingga saat ini mengalami pasang surut terutama dalam hal bahan baku. Masalah pendistribusian industri genteng ini sudah cukup mandiri. (2) Peningkatan kesejahteraan masyarakat Dusun Templek sudah sesuai dengan teori kesejahteraan menurut Iislam, bahwasannya kesejahteraan hidup harus memelihara kelima tujuan dasar yakni pemeliharaan Agama yang meliputi sholat berjama’ah dan pengajian rutin, pemeliharaan Akal meliputi pendidikan, pemeliharaan Jiwa meliputi toleransi, pemeliharaan Keturunan meliputi kecilnya angka kematian, dan pemeliharaan Harta meliputi kesadaran membayar zakat. (3) Peranan industri genteng yang dilihat dari terpenuhinya kebutuhan makanan, kesehatan, tempat tinggal, tenaga kerja dan usaha, rata-rata masyarakat Dusun Templek tentang kebutuhankebutuhan tersebut sudah terpenuhi dan hanya sebagian warga saja yang belum terpenuhi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 15 Mar 2019 02:20
Last Modified: 15 Mar 2019 02:20
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/252

Actions (login required)

View Item View Item