Implementasi Metode Pembelajaran 3Ds’E Plus SA Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Plus Sunan Ampel Kota Kediri Skripsi

Lestari, Kartika Dwi (2020) Implementasi Metode Pembelajaran 3Ds’E Plus SA Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Plus Sunan Ampel Kota Kediri Skripsi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932102716 prabab.pdf

Download (325kB)
[img] Text
932102716 bab1.pdf

Download (173kB)
[img] Text
932102716 bab2.pdf

Download (401kB)
[img] Text
932102716 bab3.pdf

Download (194kB)
[img] Text
932102716 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
932102716 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
932102716 bab6.pdf

Download (98kB)
[img] Text
932102716 daftar pustaka.pdf

Download (86kB)
[img] Text
932102716 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kondisi pandemi saat ini mendorong tenaga pendidikan untuk berinovasi dalam menyusun program dan strategi yang menarik dan menyenenagkan bagi siswa dalam pembelajaran daring saat ini. Sehingga disadari bahwa dunia pendidikan senantiasa mengalami perubahan sesuai dengan berkembangnya zaman. Oleh karena itu, sangat diperlukan adanya inovasi dalam proses pembelajaran. Salah satu inovasi dalam proses pembelajaran daring saat ini adalah metode 3Ds’E Plus SA pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Adapun yang menjadi fokus penelitian yaitu 1) Bagaimana perencanaan metode 3Ds’E Plus SA pada mata pelajaran PAI, 2) Bagaimana pelaksanaan metode 3Ds’E Plus SA pada mata pelajaran PAI, 3) Bagaimana evaluasi metode 3Ds’E Plus SA pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, penelitian ini dilaksanakan di SD Plus Sunan Ampel Kota Kediri. Sedangkan informan dalam penelitian ini yaitu Pengurus yayasan, kepala sekolah, guru, wali murid, dan siswa. Metode pengumpulan yang digunakan adalah dengan cara :wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa (1) Pertama metode ini dari pengurus yayasan kemudian disosialisasikan kepada kepala sekolah dan guru-guru SD Plus Sunan Ampel. Adapun perencanaan yang dilakukan oleh guru PAI dalam metode 3Ds’E Plus SA adalah membuat rangkuman materi untuk dibuat video pembelajaran yang disesuaikan dengan RPP. Kemudian membuat Lesson Plan yang dibagikan kepada siswa satu minggu sebelum pembelajaran. (2) Dalam pelaksanaannya mayoritas siswa dan juga orang tua menyukai metode tersebut namun ada juga siswa dan orang tua yang kurang memahami metode tersebut. (3) Dalam evaluasi, siswa dilatih untuk mengevaluasi secara mandiri artinya siswa diberikan kesempatan untuk mengungkapkan perasaan atau pendapat nya selama mengikuti proses pembelajaran dengan metode 3Ds’E Plus Sadengan ditambahkan ucapan rasa syukur melalui bentuk ungkapan terimakasih kepada orang-orang yang telah membantunya dalam belajar dan disampaikan kepada guru PAI melalui voice note atau juga bisa ditulis.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing (Teknologi Pendidikan dan Komputasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 19 Aug 2021 04:44
Last Modified: 19 Aug 2021 04:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2514

Actions (login required)

View Item View Item