Analisis Ekonomi Syari’ah Terhadap Pemahaman Santri Tentang Pengelolaan Uang Saku Di Pondok Pesantren Al-Amien Ngasinan, Rejomulyo, Kota Kediri

HAQIQI, ALVIN (2015) Analisis Ekonomi Syari’ah Terhadap Pemahaman Santri Tentang Pengelolaan Uang Saku Di Pondok Pesantren Al-Amien Ngasinan, Rejomulyo, Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
hal depan.pdf

Download (725kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (664kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (305kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP_wawancara bendahara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)

Abstract

Dalam menjalani kehidupan, manusia membutuhkan berbagai jenis dan macam barang-barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Manusia sejak lahir hingga meninggal dunia tidak terlepas dari kebutuhan akan segala sesuatunya. Selama hidup, manusia membutuhkan bermacam-macam kebutuhan, seperti makanan, pakaian, perumahan, pendidikan, dan kesehatan. Pemenuhan kebutuhan sehari-hari tidak terlepas dari manajemen keuangan. Menurut ajaran Islam, segala sesuatu harus dilakuakan secara terencana, rapi, benar, tertib sekaligus teratur. Urut-urutan prosesnya pun harus diikuti dengan sistematis dan benar. Hal tersebut juga berlaku dalam pengeloaan keuangan. Semua itu diperlukan pengaturan yang baik, tepat dan terarah dalam suatu bingkai sebuah manajemen, agar tujuan yang hendak dicapai dapat diraih dengan efektif dan efisien serta di ridhoi oleh Allah SWT. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pemahaman santri Al-Amien dalam mengelola uang saku. Dan implikasinya terhadap pengelolaan keuangan santri Al-Amien dalam memenuhi kebutuhan sehari-sehari. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu metode observasi partisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang sistematis dan faktual dan analisisnya dilakukan melalui tiga jalur yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dan pengamatan. Dalam hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman santri AlAmien menunjukan bahwa santri sudah memahami tentang pengelolaan uang saku. Santri Al-Amien bisa membedakan mana yang harus didahulukan dari kebutuhan primer, skunder dan tersier. 2) Implikasi Pemahaman Santri Al-Amien dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari menunjukan kebutuhan santri yang bersifat primer sudah dipenuhi oleh pondok dengan diwajibkannya membayar syahriah. Akan tetapi kebanyakan para santri mendahulukan kebutuhan skunder dari pada primer sehingga terjadi penyelewengan uang syahriah. kebutuhan skunder dan tersier dipenuhi oleh para santri sendiri dengan menggunakan uang saku. Santri tingkat MTs dan MA sederajat tidak terlalu banyak mengeluarkan uang untuk memenuhi kebutuhan skunder. Santri tingkat Mahasiswa sederajat yang lebih boros dalam hal memenuhi kebutuhan skunder.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050205 Environmental Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 15 Mar 2019 02:14
Last Modified: 15 Mar 2019 02:14
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/251

Actions (login required)

View Item View Item