Kematangan Sosial pada Anak Tunagrahita di Slb Nurul Ikhsan Ngadiluwih Kediri

Nurhidayati, Puput (2020) Kematangan Sosial pada Anak Tunagrahita di Slb Nurul Ikhsan Ngadiluwih Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933401515 prabab.pdf

Download (745kB)
[img] Text
933401515 bab1.pdf

Download (434kB)
[img] Text
933401515 bab2.pdf

Download (236kB)
[img] Text
933401515 bab3.pdf

Download (415kB)
[img] Text
933401515 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text
933401515 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
933401515 bab6.pdf

Download (192kB)
[img] Text
933401515 daftar pustaka.pdf

Download (411kB)
[img] Text
933401515 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih merupakan SLB yang memiliki program bina diri dan menggunakan program IEP (Individual Education Programe) untuk mengukur kematangan sosial siswanya utamanya untuk anak Tunagrahita atau anak retardasi mental. Kematangan sosial merupakan kemampuan individu dalam mengurus,merawat dan menolong diri yang sesuai dengan usianya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penilaian perkembangan kematangan sosial pada anak tungrahita di SLB Nurul Ikhsan dan gambaran aspek-aspek kematangan sosial dari anak tunagrahita tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Data yang diperolah melalui tes VSMS, wawancara, observasi dan dokumentasi dengan jumlah informan enam yaitu orang tua dari anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan tes VSMS dan aspek kematangan sosial yang dikemukakan oleh Doll. Metode analisis data menggunakan metode Miles dan Hiberman, dimana ada tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih ini mengggunakan metode IEP yang dibuat oleh wali kelas berdasarkan kurikulum dan kemampuan siswanya.Dilaksanakan dua kali dalam seminggu, evaluasi keberhasilan dan kendala program dalam tiga bulan sekali, serta penyerahan hasil kepada wali murid setiap penerimaan raport. Dari keenam anak belum ada yang bisa mencapai kematangan sosial yang setara dengan usianya. aspek SHG yang mendapatkan skor terendah hanya satu anak, aspek SHE sebanyak tiga anak, aspek SHD sebanyak satu anak, aspek L sebanyak satu anak, aspek O sebanyak dua anak, aspek C sebanyak dua anak, aspek SD sebanyak dua anak, dan aspek S sebanyak satu anak. Data tersebut menunjukan bahwa siswa Tunagrahita di SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih ini memiliki nilai yang rendah dalam aspek SHE atau kemampuan saat makan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 16 Aug 2021 03:12
Last Modified: 16 Aug 2021 03:24
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2499

Actions (login required)

View Item View Item