Analisis Kesalahan Berdasarkan Tahapan Kastolan Pada Soal Cerita Matematika Berbasis Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII MTs Al-Mahrusiyah Kota Kediri

Sholihah, Risca Mufti Nur (2021) Analisis Kesalahan Berdasarkan Tahapan Kastolan Pada Soal Cerita Matematika Berbasis Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII MTs Al-Mahrusiyah Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932300417 - PRA BAB.pdf

Download (636kB)
[img] Text
932300417 BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
932300417 BAB II.pdf

Download (378kB)
[img] Text
932300417 BAB III.pdf

Download (251kB)
[img] Text
932300417 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932300417 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
932300417 BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
932300417 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text
932300417 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan, penyebab terjadinya kesalahan, serta cara mengatasi kesalahan yang dilkaukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan tahapan Kastolan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yang digunakan dipilih menggunakan teknik sampling purposive yaitu dengan memilih lima siswa dengan dua kelompok atas, sedang, dan bawah pada siswa kelas VIII-D berdasarkan rekomendasi dari guru matematika. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang didefinisikan berdasarkan tahapan Kastolan diperoleh bahwa kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII-D meliputi kesalahan konseptual yaitu siswa salah dalam membuat persamaan atau model matematika, kesalahan prosedural yaitu siswa melewatkan langkah yang seharusnya diselesaikan, serta tidak dapat melakukan langkah penyelesaian dengan tepat, dan kesalahan teknikal yaitu siswa salah dalam melakukan perhitungan, tidak dapat melanjutkan untuk melakukan operasi hitung ke langkah berikutnya, serta tidak dapat melakukan operasi hitung yang sesuai dengan materi sistem persamaan linear dua variabel yaitu menggunakan eliminasi-substitusi. Adapun penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel diantaranya adalah kesalahan konseptual disebabkan karena siswa kurang/ belum dapat memahami pernyataan yang diberikan pada soal, tidak dapat menuliskan persamaan, kurang teliti dalam membaca pernyataan pada soal, mencoba-coba cara penyelesaian, kurang konsentrasi saat membuat persamaan atau model matematika, asal menuliskan jawaban, serta tidak menuliskan jawaban. Kesalahan prosedural disebabkan karena konsep yang digunakan tidak sesuai atau bahkan tidak memahami langkah yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan, siswa tidak dapat membuat persamaan atau model matematika sehingga tidak dapat melakukan langkah penyelesaian, siswa belum memahami cara yang digunakan untuk melakukan langkah penyelesaian selanjutnya, sedangkan kesalahan teknikal disebabkan karena siswa belum dapat memahami pernyataan yang diberikan pada soal, persamaan yang digunakan salah sehingga hasil akhir juga salah, adanya langkah yang terlewat saat siswa melakukan perhitungan dalam penyelesaian, kurang teliti dalam melakukan operasi hitung dan terburu-buru saat mengerjakan, belum memahami cara yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan, serta belum memahami cara yang digunakan untuk menyelesaikan langkah selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 09 Aug 2021 03:33
Last Modified: 09 Aug 2021 03:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2476

Actions (login required)

View Item View Item