Perbedaan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PAI antara Peserta Didik Berkepribadian Introvert Dan Ekstrovert Kelas XI IPS Di SMAN 7 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020

Muhlasin, Yavie Al (2020) Perbedaan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PAI antara Peserta Didik Berkepribadian Introvert Dan Ekstrovert Kelas XI IPS Di SMAN 7 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932134916 PRA BAB.pdf

Download (612kB)
[img] Text
932134916 BAB 1.pdf

Download (416kB)
[img] Text
932134916 BAB 2.pdf

Download (420kB)
[img] Text
932134916 BAB 3.pdf

Download (582kB)
[img] Text
932134916 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
932134916 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
932134916 BAB 6.pdf

Download (393kB)
[img] Text
932134916 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] Text
932134916 LAMPIRAN.pdf

Download (809kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang: (1) Hasil belajar PAI peserta didik dengan kepribadian introvert pada kelas XI IPS SMAN 7 Kota Kediri, (2) Hasil belajar PAI peserta didik dengan kepribadian ekstrovert pada kelas XI IPS SMAN 7 Kota Kediri, (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar PAI antara peserta didik berkepribadian introvert dan ekstrovert pada kelas XI IPS SMAN 7 Kota Kediri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif, yaitu untuk mengetahui dan atau menguji perbedaan dua kelompok atau lebih dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMAN 7 Kota Kediri yang masih aktif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive random sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan penilaian atau judgment peneliti mengenai responden-responden yang pantas (memenuhi persyaratan) untuk dijadikan sampel, yakni 30 peserta didik diambil dari tingkat kepribadian introvert yang tinggi dan 30 kepribadian ekstrovert yang tinggi. Untuk data hasil belajar PAI peserta didk kelas XI IPS di SMAN 7 Kota Kediri pengambilannya berdasarkan pada nilai UTS PAI semester genap tahun ajaran 2019/2020. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil penelitian melalui statistik deskriptif menunjukkan bahwa kategori skor hasil belajar PAI peserta didik dengan kepribadian introvert adalah berkategori baik sekali, dengan rata-rata nilai yang didapatkan adalah 88,03. Begitupun juga untuk skor hasil belajar PAI peserta didik dengan kepribadian ekstrovert adalah berkategori baik sekali, dengan rata-rata nilai yang didapatkan adalah 88,36. Adapun hasil analisis inferensial menunjukkan data yang diambil memenuhi syarat untuk uji hipotesis dengan menggunakan independent sample t test, yaitu data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar PAI peserta didik berkepribadian introvert dan ekstrovert. Terlihat dengan nilai signifikansi 0,304 lebih dari nilai probabilitas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: User Repo
Date Deposited: 30 Jul 2021 04:17
Last Modified: 30 Jul 2021 04:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2463

Actions (login required)

View Item View Item