Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Mendisiplinkan Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 1 Kota Kediri melalui Metode Reward dan Punishment

UMAYAH, RHAFAS AT (2017) Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Mendisiplinkan Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 1 Kota Kediri melalui Metode Reward dan Punishment. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
lembar persetujuan unggah karya.pdf

Download (235kB)
[img] Text
bagian Awal.pdf

Download (791kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (71kB)
[img] Text
lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Guru pendidikan agama Islam khususnya guru akidah akhlak tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan, tetapi juga bertugas untuk membina akhlak peserta didik, untuk itu dalam pembentukan akhlak yang baik, guru harus mampu menumbuhkan sikap disiplin. Namun, pada realitanya pendidikan agama dalam penerapanya belum sepenuhnya fungsional. Karena sebagian besar ada siswa yang menghabiskan waktu dengan sia-sia, sehingga untuk menumbuhkan disiplin belajar pada siswa guru harus dapat menggunakan metode yang tepat. Untuk itu penulis tertarik untuk mendalami tentang upaya guru akidah akhlak dalam mendisiplinkan belajar melalui metode reward dan punishment, dengan fokus penelitian sebagai berikut: 1) bagaimana disiplin belajar akidah akhlak siswa kelas VIII di MTsN 1 Kota Kediri?, 2) bagaimana upaya guru akidah akhlak dalam mendisiplinkan belajar siswa kelas VIII melalui metode reward dan punihment di MTsN 1 kota kediri?, dan 3) apa dampak positif serta negatif metode reward dan punishment dalam mendisiplinkan belajar akidah akhlak siswa kelas VIII di MTsN 1 kota kediri?. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan jenis fenomenologi. Informan dalam penelitian ini sebanyak 6 orang yaitu 2 guru akidah akhlak, 1 waka kurikulum, 1 guru BP, dan 2 orang siswa. Dengan metode pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini meliputi metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) disiplin belajar di MTsN 1 Kota Kediri sudah baik dengan indikator: mengikuti pelajaran akidah akhlak secara teratur dan kondusif, rajin bertannya dan mengemukakan pendapat, memperhatikan pelajaran yang guru sampaikan, menyelesaikan tugas tepat waktu, mentaati peraturan dalam PBM, membuat catatan pelajaran secara teratut. 2) upaya guru akidah akhlak dalam mendisiplinkan belajar melalalui reward yakni dengan menerapkan hadiah pujian, doa, materi dan penambahan nilai. Sedangkan melalui punishment yakni dengan menerapkan hukuman preventif dan represif. 3) dampak positif dari metode reward yakni dapat meningkatkan motivasi belajar akidah akhlak dan dampak negatifnya tidak ada kepuasan terhadap reward serta tingginya biaya reward. Kemudian dampak positif metode punishment membuat anak mengetahui kesalahannya, tanggung jawabnya, dan membuat anak jera. Sedangkan dampak negatifnya siswa menjadi kurang percaya diri dan dendam pada guru saat di hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 14 Mar 2019 08:13
Last Modified: 14 Mar 2019 08:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/245

Actions (login required)

View Item View Item