Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlak Siswa SMPN 1 Wates

ERANITYAS, RETNO ENDAH (2017) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlak Siswa SMPN 1 Wates. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
COVER_prabab.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP_Struktur Sekolah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembinaan akhlak menjadi sangat penting mengingat saat ini perkembangan zaman yang meliputi ilmu pengetahuan dan teknologi selalu tidak lepas dari berbagai dampak negatif. Disini pendidikan PAI khususnya harus mampu dalam meminimalisir berbagai tindakan yang tidak sesuai dengan norma masyarakat maupun agama. Oleh karena itu sebagai guru agama Islam sudah menjadi keseharusan dalam memberikan pendidikan yang sesuai dengan tujuan agama Islam, sebab guru bertanggung jawab dalam mengarahkan anak didiknya dalam hal penguasaan ilmu dan penerapannya dalam kehidupan, serta tak lupa guru menjadi suri tauladan yang baik terhadap anak didiknya kaitannya dengan PAI. Oleh karena itu upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa sangatlah penting. Fokus penelitian skripsi ini adalah: 1) bagaimanakah akhlak siswa SMPN 1 Wates?, bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa SMPN 1 Wates?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana akhlak siswa SMPN 1 Wates, untuk mengetahui apa saja upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa SMPN 1 Wates. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitataif dengan rancangan penelitian Deskriptif. Sesuai dengan pendekatan ini, kehadiran peneliti sangat penting, karena peneliti adalah instrumen kunci untuk menangkap makna yang ada. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model analisis deskriptif kualitataif, yaitu dengan cara menelaah seluruh data yang sudah ada, mereduksi data, menyusun data dalam satuan-satuan, dan mengategorikan data. Tahap terakhir yang dilakukan adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: akhlak siswa SMPN 1 Wates adalah akhlak dengan Allah SWT, akhlak dengan sesama, akhlak dengan lingkungan. Sedangkan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa SMPN 1 Wates adalah memberikan pembiasaan, tauladan dan nasehat bagi siswa-siswinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 14 Mar 2019 08:08
Last Modified: 14 Mar 2019 08:08
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/244

Actions (login required)

View Item View Item