Studi komparasi model Problem Based Learning (PBL) dan Team Game Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (siswa kelas VIII MTS Sunan Gunung Jati tahun ajaran 2019/2020)

Wahyuni, Meriana Tri (2020) Studi komparasi model Problem Based Learning (PBL) dan Team Game Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (siswa kelas VIII MTS Sunan Gunung Jati tahun ajaran 2019/2020). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932129316 PRA BAB.pdf

Download (679kB)
[img] Text
932129316 BAB 1.pdf

Download (352kB)
[img] Text
932129316 BAB 2.pdf

Download (403kB)
[img] Text
932129316 BAB 3.pdf

Download (546kB)
[img] Text
932129316 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
932129316 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
932129316 BAB 6.pdf

Download (6kB)
[img] Text
932129316 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
932129316 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya hasil belajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam, karena dianggap mata pelajaran yang membosankan bagi siswa. Dalam hal ini, guru memiliki peran penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif, yakni model PBL (Problem Based Learning) dan model TGT (Team Game Tournament). Studi komparasi penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tersebut. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa yang menggunakan metode PBL (Problem Based Learning) dan TGT (Team Game Tournament), dan adakah perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan metode PBL (Problem Based Learning) dan TGT (Team Game Tournament) pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam pada kelas VIII pada MTs Sunan Gunung Jati tahun ajaran 2019/2020. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian komparatif (perbandingan). Populasi penelitian ini adalah 188 siswa dan jumlah sampel sebesar 66 siswa dari dua kelas yaitu kelas VIII A dan VIII B. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian dihitung dengan Ms.Excel dan analisis data statistik dihitung dengan software SPSS Versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar menggunakan metode PBL (Problem Based Learning) sebesar 88,79 dan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran TGT (Team Game Tournament) sebesar 86,91. Sedangkan hasil signifikansi (2 tailed) sebesar 0,013 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar belajar siswa antara pengguna model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan TGT pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di kelas VIII di MTs Sunan Gunung Jati.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: User Repo
Date Deposited: 27 Jul 2021 03:40
Last Modified: 27 Jul 2021 03:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2404

Actions (login required)

View Item View Item