Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan donatur Yatim Mandiri Kediri

Karima, Nur (2018) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan donatur Yatim Mandiri Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931303314 Pra BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931303314 BAB 1.pdf

Download (431kB)
[img] Text
931303314 BAB 2.pdf

Download (230kB)
[img] Text
931303314 BAB 3.pdf

Download (420kB)
[img] Text
931303314 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
931303314 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
931303314 BAB 6.pdf

Download (97kB)
[img] Text
931303314 Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap persepsi donatur yang berperan menciptakan kepuasan donatur. Yatim Mandiri merupakan salah satu lembaga amil zakat terbesar di Indonesia, sedangkan Yatim Mandiri Kediri sendiri sudah berusia 10 tahun, tentunya sudah memiliki pengalaman dan sepak terjang dengan donatur zakat terutama bidang kualitas pelayanan. Berangkat dari konteks ini, maka peneliti ingin mengetahui bagaimana kualitas pelayanan di Yatim Mandiri Kediri. Mengetahui bagaimana kepuasan donatur di di Yatim Mandiri Kediri serta ingin mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan donatur di di Yatim Mandiri Kediri . Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Sumber data diperoleh dari hasil angket yang disebarkan pada 98 donatur rutin Yatim Mandiri Kediri. Analisis dilakukan dengan cara pengujian validitas dan realibilitas, deskriptif, asumsi klasik, korelasi, regresi, dan uji t. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X) dan variabel kepuasan donatur (Y) valid dan reliabel. Tidak terdapat masalah klasik. Hasil uji kolerasi terdapat hubungan signifikan antara kualitas pelayanan dan kepuasan donatur sebesar 0,511. dengan rumus regresi diperoleh persamaan Y = 14,020 + 0,181 X. Kesimpulanya Ha diterima artinya terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan donatur di Yatim Mandiri Kediri. Kualitas pelayanan Yatim Mandiri Kediri dalam katagori baik dan telah memenuhi kriteria kualitas pelayanan yakni yakni bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Sedangkan donatur Yatim Mandiri Kediri dalam katagori baik serta memenuhi kriteria donatur yang puas yakni kemudahan memperoleh jasa dan merekomendasikan kepada pihak lain. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kualitas pelayanan sebesar 26,2%% terhadap kepuasan donatur Yatim Mandiri Kediri. Sedangkan sisanya 73,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan oleh variabel bebas. Faktor lain yang mempengaruhi kepuasan tidak hanya kualitas pelayanan semata, tetapi juga kualitas produk, emosi, harga dan biaya

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: User Repo
Date Deposited: 27 Jul 2021 03:31
Last Modified: 27 Jul 2021 03:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2403

Actions (login required)

View Item View Item