Optimalisasi daya ingat santri putri dalam pembelajaran kitab Aqidatul Awwam melalui repitisi membaca nadzam

Hadi, Dina Aenatul Jamilah Syikha (2020) Optimalisasi daya ingat santri putri dalam pembelajaran kitab Aqidatul Awwam melalui repitisi membaca nadzam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932126116 PRA BAB.pdf

Download (922kB)
[img] Text
932126116 BAB 1.pdf

Download (378kB)
[img] Text
932126116 BAB 2.pdf

Download (402kB)
[img] Text
932126116 BAB 3.pdf

Download (379kB)
[img] Text
932126116 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text
932126116 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
932126116 BAB 6.pdf

Download (315kB)
[img] Text
932126116 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)
[img] Text
932126116 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Optimalisasi daya ingat merupakan proses pencarian nilai terbaik untuk memanggil kembali informasi yang telah di pelajarinya dengan pengulangan membaca yang merupakan proses pengulangan tindakan atau aktifitas membaca yang dilakukan pada sebuah kelompok atau individu untuk suatu penyesuaian menjadi terlatih pada lingkungannya. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses repitisi membaca Nadzam untuk meningkatkan daya ingat santri putri dalam pembelajaran kitab Aqidatul Awwam? (2) Bagaimana hasil repitisi membaca Nadzam untuk mengoptimalkan daya ingat santri putri dalam pembelajaran kitab Aqidatul Awwam?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis studi kasus dengan teknik pengumpulan data yaitu dilakukan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Adapun untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan penerapan habituasi membaca nadzan Aqidatul Awwam dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut: (a) Tahapan proses repitisi membaca nadzam untuk mengoptimalkan daya ingat santri (b) Tahap pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan langkah-langkah pembelajaran secara sistematis, kondisional, menyenangkan. (c) Tahap pelaksanaan dengan 3 metode yaitu metode musyafahah metode sorogan, dan metode pengulangan d) Tujuan pelaksanaan habituasi membaca nadzam (e) Hasil dari proses repitisi dapat dilihan dengan indikator penilaian dalam ketrampilan, kemampuan para santri dan perkembangan hafalan para santri setiap harinya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: User Repo
Date Deposited: 27 Jul 2021 03:18
Last Modified: 27 Jul 2021 03:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2402

Actions (login required)

View Item View Item