Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Kinerja Guru di MTs Miftahul Falaah Manisrenggo Kediri

ALI, M. MAFTUKHIN (2016) Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Kinerja Guru di MTs Miftahul Falaah Manisrenggo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932111112 prabab.pdf

Download (201kB)
[img] Text
932111112 BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
932111112 BAB II.pdf

Download (510kB)
[img] Text
932111112 BAB III.pdf

Download (544kB)
[img] Text
932111112 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
932111112 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
932111112 BAB VI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
932111112 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)

Abstract

Kepala Sekolah berasal dari dua kata yaitu “Kepala” dan “Sekolah” kata kepala dapat diartikan ketua atau pemimpin dalam suatu organisasi atau sebuah lembaga. Pengertian Disiplin Menurut bahasa, disiplin adalah tata tertib (di sekolah, kemiliteran dan sebagainya); ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan tata tertib dan sebagainya. Sedang menurut Hadari Nawawi, disiplin diartikan bukan hanya sekedar pemberian hukuman atau paksaan agar setiap orang melaksanakan peraturan atau kehendak kelompok orang-orang tertentu yang disebut pimpinan, Fokus penelitian ini adalah a)Bagaimana Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kinerja guru di MTs Miftahul Falah Manisrenggo kediri? b)Faktor–faktor apa yang mendukung dan menghambat Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kinerja guru di MTs Miftahul Falah Manisrenggo kediri? Dan tujuan penelitian 1)Mengetahui Bagaimana Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kinerja guru MTs Miftahul Falah Manisrenggo kediri. 2)Mengetahui faktor –faktor apa yang mendukung dan menghambat Upaya kepala madarasah dalam meningkatkan displin kinerja guru di MTs Miftahul Falah Manisrenggo kediri. Penelitian yang dilakukan oleh penulisini menggunakan pendekatan kualitati. Sumber data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu sumber data tertulis dan tidak tertulis. Untuk teknik pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dilakukan melalui tiga jalur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang peneliti dapatkan tentang Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kinerja guru, Menegakkan peraturan dengan membentuk tata tertib untuk guru atau staf, absen mengunakan alat cheklock dalam rangka untuk mengantisispasi kecuarangna. Yang kedua kepala sekolah mewajibkan membuat surat permohonan izin apabila para guru tidak bisa hadir disekolah. sebagai bukti autentik, Memberikan sosisalisasi terkai peraturan. .Faktor-faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah Untuk faktor pendukdung upaya kepala sekolah dalam menngkatkan kedisiplinan kinerkja guru yaitu: Adanya alat berupa chehkclok yang merekam kehadiran guru atau staf yang memudahkan kepala sekolah dalam mengawasi dan mengontrol absensi para guru atau staf karena sifatnya yang tidak bias diwakilakan sehingga tidak akan terjadi kecurangan absensi. Kesadaran para guru atau staf akan pentingnya kedisiplinan. Pembiasaan dari kepala sekolah yang turut memberikan suri tauladan terkait kedisiplinan kinerja guru. Sedangkan untuk faktor penghambatnya kepala sekolah: Adanaya beberapa guru yang merasa keberatan akan adanya peraturan yang ada dan dirasa berlebihan. Karena ada beberapa guru yang rumahnya berada di luar daerah, sehingga sering kali mendapatkan kendala khususnya terkait pembuatan surat izin apabila secara incidental tidak bias hadir di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 May 2021 03:17
Last Modified: 20 May 2021 03:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2365

Actions (login required)

View Item View Item