Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran PAI Melalui Model Card Sort (KARTU SORTIR) Di SMP Mambaul Hisan Badalpandean Ngadiluwih Kediri

Irmansah, Moch. Ibrahim (2016) Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran PAI Melalui Model Card Sort (KARTU SORTIR) Di SMP Mambaul Hisan Badalpandean Ngadiluwih Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109811 prabab.pdf

Download (567kB)
[img] Text
932109811 bab1.pdf

Download (330kB)
[img] Text
932109811 bab2.pdf

Download (679kB)
[img] Text
932109811 bab3.pdf

Download (441kB)
[img] Text
932109811 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)
[img] Text
932109811 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
932109811 bab6.pdf

Download (190kB)

Abstract

Sebagaimana diketahui pendekatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) selama ini secara umum tidak kunjung berubah, ia bagaikan secara konvensional-tradisional dan monoton sehingga membosankan peserta didik. Hal ini terbukti sewaktu pelajaran pendidikan Agama Islam (PAI) berlangsung banyak peserta didik yang ramai dan kurang menunjukkan antusias kepada pelajaran yang diterimanya. Pelajaran Pendidikan Agama Islam seringkali dilaksanakan disekolah bersifat menyendiri, kurang terintegrasi dengan bidang studiyang lain, sehingga mata pelajaran yang diajarkan bersifat marijinal dan periferal. Pemilihan metode pembelajaran pendidikan agama harus didasarkan pada analisis kondisi pembelajarn pendidikan agama yang ada. Hasil analisis akan menunjukkan kondisi pembelajaran yang bagaimana dan apa hasil pembelajaran pendidikan agama yang diharapkan. Setelah menetapkan dan mengembangkan metode pempembelajaran akan diperoleh informasi yang lengkap mengenai kondisi rill yang ada dan hasil pembelajaran pendidikan agama yangdiharapkan. Berangkat dari permasalahan di atas, maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu, Bagaimana penerapan model pembelajaran Card Sort pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Mambaul Hisan Badalpandean Ngadiluwih Kediri? Apakah model pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Mambaul Hisan Badalpandean Ngadiluwih Kediri.? Hasil penelitian menunjukkan: Penerapan model pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP Mambaul Hisan Badalpandean Ngadiluwih Kediri Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II. Dengan diterapkannya pembelajaran model Card Sort aktivitas siswa meningkat dan termasuk dalam kategori baik

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 11 May 2021 02:28
Last Modified: 11 May 2021 02:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2351

Actions (login required)

View Item View Item