Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Islami Pada Siswa Kelas VIII Di MTs.N II Kediri

Aisyah, Aisyah (2016) Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Islami Pada Siswa Kelas VIII Di MTs.N II Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932110411 prabab.pdf

Download (562kB)
[img] Text
932110411 Bab I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
932110411 Bab II.pdf

Download (445kB)
[img] Text
932110411 Bab III.pdf

Download (432kB)
[img] Text
932110411 Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
932110411 Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
932110411 BAB VI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
932110411 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] Text
932110411 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dengan semakin pesatnya ilmu pengetahuan serta teknologi dan media masa yang merupakan sumber informasi yang dapat mempengaruhi akhlak manusia, sehingga banyak sekali faktor-faktor yang dapat merubah tingkah laku siswa. Dengan demikian hendaknya seorang guru aqidah akhlak harus bisa memberikan pengetahuan ilmu agama yang menjadi penghambat masuknya pengaruh akhlak negatif. Untuk kurikulum berbasis karakter seorang pendidik sebaiknya menggunakan metode yang dapat menghubungkan antara teori dan praktek yang berkesinambungan agar siswa mampu menerapkan ilmu yang di dapat di kelas. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana keteladanan yang diajarkan guru aqidah akhlak dalam menerapkan pendidikan karakter Islami pada siswa kelas VIII di MTs.N II Kediri. (2) Bagaimana pembiasaan yang diterapkan guru aqidah akhlak dalam pendidikan karakter Islami pada siswa kelas VIII di MTs.N II Kediri. (3) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat strategi guru aqidah akhlak dalam menerapkan pendidikan karakter Islami pada siswa kelas VIII di MTs.N II Kediri. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun pola penelitiannya adalah lokasi penelitian, kehadiran peneliti, sumber data, pengumpulan data, analisis data, pengecekan keabsahan data dan tahapan-tahapan penelitian, yang kemudian dianalisis secara induktif. Setelah penulis mengadakan penelitian, maka pada akhirnya dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Strategi guru Aqidah Akhlak untuk mengajarkan keteladanan dalam menerapkan pendidikan karakter terhadap siswa kelas VIII MTs.N II Kediri terdapat 3 cara yaitu: integrasi ke dalam mata pelajaran, integrasi ke dalam mata modeling dan Integrasi ke dalam kegiatan sehari-hari. (2) Pembiasaan yang dilakukan guru Aqidah Akhlak terhadap siswa kelas VIII MTs.N II Kediri dalam upaya menerapkan pendidikan karakter adalah sebagai berikut: do’a bersama sebelum memulai pelajaran, Jum’at bersih, membaca Al-Qur’an, shalat Dhuha dan Dzuhur berjamaah, membaca Asmaul Husna dan tabungan surga. (3) Faktor pendukung strategi guru Aqidah Akhlak dalam menerapkan pendidikan karakter pada siswa kelas VIII di MTs.N II Kediri adalah faktor pendidik, faktor sarana prasarana, faktor peserta didik dan faktor lingkungan. Adapun faktor penghambatnya yaitu: kurangnya alokasi waktu dan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 11 May 2021 02:21
Last Modified: 11 May 2021 02:21
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2350

Actions (login required)

View Item View Item