Pengaruh Metode Pembelajaran Ekspositori Terhadap Tingkat Kejenuhan Belajar Santri Putri Darul Qurán di Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri

NIKMAH, IHDA KHAIRUN (2017) Pengaruh Metode Pembelajaran Ekspositori Terhadap Tingkat Kejenuhan Belajar Santri Putri Darul Qurán di Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
cover_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (409kB)
[img] Text
bab 1.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB 3.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB 4.docx
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text
BAB 5.docx
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text
BAB 6.docx

Download (18kB)
[img] Text
Angket Kejenuhan Belajar_9 Ar-Rohman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Belajar merupakan suatu proses yang tidak terlihat tetapi hanya hasil belajarnya saja yang nampak.Proses belajar yang terus menerus dilakukan oleh para siswa serta penekanan baik dalam diri maupun lingkungan untuk mencapai prestasi belajar yang maksimal, terkadang membawa siswa pada batas kemampuan jasmaniyahnya sehingga menimbulkan kejenuhan belajar. Setrategi pembelajaran biasa diamati dari efektifnya stutrategi yang digunakan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Penelitian ini dilakukan untuk: 1) Apakah ada pengaruh antara metode pembelajaran ekspositori dengan tingkat kejenuhan belajar santri putri Darul Qur’an di pondok pesantren Darussalam Sumbersari Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri?, 2) Seberapa besar pengaruh antara metode pembelajaran ekspositori terhadap tingkat kejenuhan belajar santri putri Darul Qur’an di Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri?, 3) Seberapa besar tingkat kejenuhan belajar santri putri Darul Qur’an di Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri? Penelitian ini adalah penelitain kuantitatif. Jumlah populasinya adalah 309 reponden, sampel dalam penelitian ini adalah santri putrid Darul Qurán di Pondok Pesantren Darussalam sumbersari kecamatan kepung kabupaten Kediri yang ber jumlah 167 santri dari taraf kesalahan5% dengan menggunakan nomogram Herry king dan pengambilan sampel secara random, sehingga menggunakan penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk melihat tingkat kejenuhan dan metode pembelajaran ekspositori adalah skala likert, dokumentasi, analisis data statistik. Peneliti menganalisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana, agar dapat menghitung nilai sumbangannya. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) terdapat pengaruh negatif antara metode pembelajaran ekspositori dengan kejenuhan belajar santri putri Darul Quran di Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari. Hal ini berdasarkan hasil analisis korelasi regresi linier sederhana diperoleh dari koefisien (r) sebesar -0,165 yang berarti antara metode ekspositori dengan kejenuhan belajar mempunyai pengaruh negatif yang signifikan 2) Hasil perhitungan statistik mengenai seberapa besar pengaruh antara metode ekspositori dengan kejenuhan belajar 29,0 % ., 3) Tingkat kejenuhan belajar pada santri putri Darul Quran di pondok pesantren Darussalam Sumbersari masuk dalam kategori tinggi dengan 115 responden atau sebesar 68,86%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 13 Mar 2019 03:35
Last Modified: 13 Mar 2019 03:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item View Item