Strategi Pengembangan Desa Wisata Melalui Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Muslim Desa Jambu Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri

Khasiati, Aprilia Isnaini Nur (2019) Strategi Pengembangan Desa Wisata Melalui Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Muslim Desa Jambu Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931340015 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931340015 bab1.pdf

Download (162kB)
[img] Text
931340015 bab2.pdf

Download (208kB)
[img] Text
931340015 bab3.pdf

Download (152kB)
[img] Text
931340015 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
931340015 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
931340015 bab6.pdf

Download (134kB)
[img] Text
931340015 DP.pdf

Download (117kB)
[img] Text
931340015 lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Faktor penyebab masih tingginya tingkat pengangguran di Indonesia sebabkan karena begitu besarnya ketergantungan masyarakat desa terhadap lapangan pekerjaan di perkotaan dan kurang pahamnya tentang bagaimana pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) di sekitar desa untuk dijadikan sumber pendapatan. Menanggapi hal tersebut, salah satu trobosan yang dapat di ambil yakni pengelolaan di sektor parwisata. Dalam kaitannya dengan pemberdayaan, pengembangan pariwisata khususnya dalam hal ini adalah desa wisata dapat dijadikan sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk membuat deskripsi atau gambaran secara sistematis mengenai fakta, sifat serta hubungan antar fenomena pengembangan desa wisata melalui pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat muslim di desa Jambu kecamatan Kayen Kidul kabupaten Kediri. Adapun dalam pengambilan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dilanjutkan dengan menganalisa data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan desa wisata Jambu dilakukan melalui 5 strategi yakni : (1) penetapan komponen produk desa wisata berupa daya tarik, akses, fasilitas pendukung, dan lembaga pengelola, (2) menjalin kerjasama dengan masyarakat dalam penyediaan paket wisata dan fasilitas pendukung, 3) meningkatkan kapasitas dan ketrampilan masyarakat desa melalui kegiatan pelatihan-pelatihan terkait ketrampilan maupun pengetahuan, (4) menciptakan branding berupa pembuatan logo/simbol serta produk-produk khas desa yang memiliki nilai jual, (5) pemasaran online melalui instagram, facebook, dan youtube serta pemasaran offline melalui stasiun tv nasional, dan aktif di pameran tingkat kota, nasional, dan internasional. Sedangkan peran pengembangan desa wisata tersebut terhadap perekonomian masyarakat khususnya bagi masyarakat muslim desa Jambu adalah meningkatkan ketrampilan dan industri kecil menengah, menciptakan lapangan pekerjaan baru, dan menambah sumber pendapatan dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1506 Tourism > 150603 Tourism Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 29 Apr 2021 05:23
Last Modified: 29 Apr 2021 05:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2314

Actions (login required)

View Item View Item