Penyesuaian Diri Wanita yang Memasuki Masa Menopause di Desa Bagelenan Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar

ULU’AINIYA, FATIN (2017) Penyesuaian Diri Wanita yang Memasuki Masa Menopause di Desa Bagelenan Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
COVER SKRIPSI_PRA BAB.pdf

Download (886kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (230kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
PROFIL PENULIS_lembar persetujuan unggah karya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)

Abstract

Seiring dengan peningkatan usia, banyak terjadi proses pertumbuhan dan perkembangan pada manusia. Namun pada suatu saat pertumbuhan dan perkembangan akan terhenti pada suatu tahapan. Sehingga berikutnya akan banyak perubahan yang terjadi pada fungsi tubuh manusia, perubahan tersebut biasanya terjadi pada proses penuaan. Karena pada proses ini banyak terjadi perubahan pada fisik maupun pada psikologis. Perubahan tersebut banyak terjadi pada wanita, karena pada proses penuaan terjadi suatu fase yaitu fase menopause. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja aspek penyesuaian diri pada wanita yang memasuki masa menopause dan apa saja faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri pada wanita yang memasuki masa menopause di Desa Bagelenan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara secara mendalam, observasi dan dokumentasi yang berhubungan dengan wanita yang memasuki masa menopause di Desa Bagelenan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. Pengambilan informan pada penelitian ini sebanyak 8 informan yang memasuki masa menopause pada rentang usia 40-45 tahun. Analisis data melalui 3 proses yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan yang melalui pengecekan keabsahan data melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian menyatakan: (1) Aspek penyesuaian diri yang terdapat pada wanita yang memasuki masa menopause yaitu aspek tidak terdapat emosional yang berlebihan ,aspek kemampuan untuk belajar dalam mengahadapi suatu masalah serta konflik, dan aspek sikap yang realistis dan objektif. (2) Faktor pendukung yang mempengaruhi penyesuaian diri wanita yang memasuki masa menopause yaitu faktor perkembangan dan kematangan emosi, faktor lingkungan dan agama, sedangkan yang faktor yang menghambat yaitu faktor fisiologis dan faktor psikologis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170101 Biological Psychology (Neuropsychology, Psychopharmacology, Physiological Psychology)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 13 Mar 2019 03:18
Last Modified: 13 Mar 2019 03:18
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/231

Actions (login required)

View Item View Item