Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SMP Negeri 4 Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016

Inayah, Zaimatul (2016) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SMP Negeri 4 Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932121812 prabab.pdf

Download (477kB)
[img] Text
932121812 BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
932121812 BAB II.pdf

Download (299kB)
[img] Text
932121812 BAB III.pdf

Download (165kB)
[img] Text
932121812 Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
932121812 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
932121812 BAB VI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
932121812 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)

Abstract

Nakal merupakan perbuatan yang tercela yang memiliki lebel negatif di masyarakat atau di sekolah, yang mana perbuatan tersebut sangat meresahkan orang lain, beberapa penyebab yaitu maraknya berbagai teknologi sehingga penggunaannya bukan pengarah pada perilaku yang positif. Untuk itu, salah satu upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi perbuatan peserta didik yang negatif, yang mengarah pada tindakan kriminal dengan berbagai kegiatan yang memiliki nilai-nilai spiritual. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Apa bentuk kenakalan siswa di SMP Negeri 4 Kediri? 2) Apa faktor-faktor yang menyebabkan kenakalan siswa di SMP Negeri 4 Kediri? 3) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Negeri 4 Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyusunan data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) bentuk kenakalan siswa yaitu pencurian, perkelahian antar pelajar, berpacaran, jail/usil dengan teman, berkata kasar, dan pelanggaran tata tertib kedisiplinan sekolah. 2) faktor yang menyebabkan kenakalan siswa yaitu faktor dari dalam diri anak, faktor keluarga dan faktor lingkungan masyarakat sekitar. 3) upaya sekolah dengan pemasangan CCTV, memperbanyak kegiatan ekstra, menyediakan PIKR. Upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa yaitu dengan kegiatan yang mengandung nilai-nilai spiritual yaitu dengan kegiatan pembiasaan seperti Pembiasaan 5-S (Senyum,Salam, Sapa, Sopan dan Santun), pembiasaan Infaq, pembiasaan sholat dhuha, pembiasaan sholat dhuhur berjama’ah, selanjutnya kegiatan akhlak mulia seperti siraman ruhani dan pembinaan nilai-nilai budi pekerti, nasehat bagi individu dan kelompok, kemudian dilanjutkan upaya pencegahan yaitu sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai ada kegiatan baca Al-Qur’an dan do’a, memotivasi peserta didik, diadakan sidak, diadakan sanksi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 29 Apr 2021 01:11
Last Modified: 29 Apr 2021 01:11
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2304

Actions (login required)

View Item View Item