Kemandirian Pada Siswa TK A (Studi Kasus TK Dharma Wanita 3 Wonojoyo Gurah Kediri)

AGUSTIN, DEVY (2017) Kemandirian Pada Siswa TK A (Studi Kasus TK Dharma Wanita 3 Wonojoyo Gurah Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
Cover dll.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DFP.pdf

Download (78kB)
[img] Text
DRH_Wawancara Siswa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)

Abstract

Kemandirian merupakan salah satu aspek terpenting yang harus dimiliki setiap individu dan anak. Dalam dunia pendidikan, kemandirian harus tertanam dalam diri para peserta didik, sebagai pengembang dan penggerak masa depan bangsa. Selain itu, kemandirian dapat mempengaruhi kinerjanya, dan berfungsi untuk membantu mencapai tujuan hidupnya, prestasi, kesuksesan serta memperoleh penghargaan Kemandirian ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya pola asuh orang tua, kebiasaan anak, posisi anak dalam keluarga dan lain-lain. Membentuk sikap mandiri pada anak dipengaruhi oleh banyak faktor, di antaranya faktor keluarga, pola asuh orang tua, dan lingkungan sekolah. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah kemandirian yang ada pada siswa TK A di TK Dharma Wanita 3 Wonojoyo, Gurah? 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemandirian pada siswa TK A di TK Dharma Wanita 3 Wonojoyo, Gurah? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk mengungkapkan gejala atau fenomena secara menyeluruh. Jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif yaitu berusaha untuk menjelaskan atau menggambarkan tingkat kemandirian siswa TK A Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita 3 Wonojoyo Gurah. Sumber data primer diperoleh melalui observasi langsung terhadap siswa dan wawancara terhadap guru dan orang tua siswa. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh diperoleh dari dokumentasi yang dimiliki oleh sekolah TK Dharma Wanita 3 Gurah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas (credibility) dan pengujian dependability. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1) Kemandirian siswa TK kelas A Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita 3 Wonojoyo Gurah termasuk sudah cukup baik. Mereka sudah mampu melakukan kegiatannya sendiri secara sederhana dan mandiri. 2) Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemandirian siswa TK kelas A Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita 3 Wonojoyo Gurah, di antaranya yaitu pola asuh orang tua, posisi siswa dalam keluarga, serta keberadaan ibu di rumah. Siswa yang banyak diberikan kebebasan cenderung lebih mandiri, daripada mereka yang terlalu banyak dikhawatirkan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 12 Mar 2019 04:06
Last Modified: 12 Mar 2019 04:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/230

Actions (login required)

View Item View Item