Upaya Kepala Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Kitab Kuning Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Amin Rejomulyo Kediri)

Anwar, M. Farid Chairul (2016) Upaya Kepala Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Kitab Kuning Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Amin Rejomulyo Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932112212 prabab.pdf

Download (236kB)
[img] Text
932112212 BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
932112212 BAB II.pdf

Download (623kB)
[img] Text
932112212 BAB III.pdf

Download (339kB)
[img] Text
932112212 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
932112212 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
932112212 BAB VI.pdf

Download (322kB)
[img] Text
932112212 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)

Abstract

Dalam pendidikan pondok pesantren, pembelajaran kitab kuning (kitab klasik) merupakan salah satu unsur dari beberapa unsur mutlak yang demikian pentingnya dalam proses pembentukan kecerdasan intlelektual dan moralitas kesholehan pada santri. Pendidikan yang tertumpu pada kitab kuning telah berhasil membentuk pribadi seseorang yang berilmu pengetahuan agama serta moral beradab dengan tingkat kesholehan yang berbeda-beda. Dalam upaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan santri-santri kepada Allah SWT, para kyai dan guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Karena kyai dan guru adalah orang tua bagi para santri yang ada di pesantren. Jadi, sukses tidaknya pendidikan di madrasah diniyah pesantren tergantung dari kecakapan pimpinan madrasah diniyah tersebut, karena kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang sangat berperan dalam organisasi, baik buruknya organisasi tergantung pada faktor pemimpin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam rangka memperoleh data yang dibutuhkan, maka penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kemampuan pemahaman kitab kuning melalui penulisan Arab Pegon di pondok pesantren Al-Amien Rejomulyo Kediri, yaitu mencakup a. Guru memberikan pembelajaran tentang menulis pada Arab Pegon pada saat Orientasi santri baru, b. Guru mewajibkan santri menulis Arab Pegon untuk menulis kitab kuning, c. Pembiasaan menulis Arab Pegon di lakukan setiap hari pada saat diniyah di mulai; 2. Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kemampuan pemahaman kitab kuning melalui pembiasaan membaca kitab kuning di pondok pesantren Al-Amien Rejomulyo Kediri, yaitu a. Guru memberi contoh dengan membacakan kitab kuning pada santri dalam pembelajaran di mulai, b. Guru membacakan kitab kuning di depan santri/memberikan contoh membaca kitab kuning ketika pembelajaraan diniyah di mulai, c. Santri diminta untuk membaca kitab secara bergiliran pada diniyah di mulai, d. Pembiaasan membaca kitab kuning di lakukan setiap hari pada saat diniyah di mulai; 3. Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kemampuan pemahaman kitab kuning melalui menjelaskan (murati) kitab kuning di pondok pesantren Al-Amien Rejomulyo Kediri, yaitu a. Guru menjelaskan isi kitab kuning (muroti) kepada santri pada diniyah dimulai, b. Guru memberi contoh cara menjelaskan isi kitab kuning (muroti) ketika pembelajaran diniyah di mulai, c. Santri diminta untuk menjelaskan isi kitab kuning (muroti) secara bergiliran, d. Santri diminta secara rutin setiap hari pada saat diniyah dimulai untuk menjelaskan isi kitab kuning.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 Apr 2021 02:52
Last Modified: 20 Apr 2021 02:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2259

Actions (login required)

View Item View Item