Perilaku Produsen Fried Chicken ditinjau dari Sosiologi Ekonomi Islam (Studi pada Sentra Produsen Fried Chicken di Dusun Manyarejo Desa Manyaran Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri)

NOVITASARI, DEVI (2020) Perilaku Produsen Fried Chicken ditinjau dari Sosiologi Ekonomi Islam (Studi pada Sentra Produsen Fried Chicken di Dusun Manyarejo Desa Manyaran Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931300315-PRABAB.pdf

Download (537kB)
[img] Text
931300315-BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
931300315-BAB II.pdf

Download (334kB)
[img] Text
931300315-BAB III.pdf

Download (280kB)
[img] Text
931300315-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
931300315-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text
931300315-BAB VI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
931300315-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
931300315-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ayam merupakan salah satu lauk yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Salah satu jenis olahan ayam adalah fried chicken atau ayam goreng tepung. Makanan ini banyak dijual oleh para pedagang, dalam menjalankan sebuah usaha penting tentunya untuk memiliki proses produksi yang baik, mengingat yang dijual adalah makanan. Selain itu karena berada dilingkungan dengan profesi yang sama tentu para produsen harus memiliki perilaku yang baik. Mengingat pentingnya perilaku produsen dalam menjalankan usaha maka diperlukan sebuah rujukan perilaku produsen yang sesuai. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana perilaku produsen fried chicken di Dusun Manyarejo Desa Manyaran dan bagaimana perilaku produsen fried chicken di Dusun Manyarejo Desa Manyaran ditinjau dari Sosiologi Ekonomi Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian adalah studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian 1. Perilaku produsen fried chicken di dusun manyarejo memiliki kesamaan dalam proses produksi fried chicken mulai dari pengambilan bahan baku, sampai mengolahan bahan baku menjadi bahan siap jual. Selain itu proses pengolahan limbah dan proses mencari karyawan juga serupa. Dalam penerapan system gaji karyawan para produsen juga memiliki kesamaan. 2. Alasan dari perilaku produsen fried chicken di dusun manyarejo sama jika ditinjau dari segi sosiologi ekonomi islam adalah karena pola interaksi dan hubungan yang dibangun oleh mereka sangat kuat utamanya dalam menjalankan usaha ini disebabkan oleh profesi yang sama dan berada pada satu lingkungan tempat tinggal. Perilaku produsen dalam mewujudkan kehidupan sosial ekonomi tidak lepas dari daya dan upaya serta dipengaruhi oleh beberapa faktor pendorong seperti dalam bentuk hasrat, kehendak, kemauan, baik secara pribadi maupun yang bersifat kelompok. Tindakan tersebut merupakan tindakan rasional nilai moral, karena perilaku produsen yang mendahulukan nilai sosial maupun nilai agama dibandingkan niali ekonomi semata. Dalam menjalankan usahanya para produsen fried chicken juga tetap menjalankan nilai-nilai agama yang dianutnya guna mendapatkan keuntungan yang maksimal di akhirat atau kemaslahatan bersama tanpa mengurangi keuntungan (laba atau omset) yang diinginkan produsen.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 20 Apr 2021 07:35
Last Modified: 20 Apr 2021 07:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2257

Actions (login required)

View Item View Item