Pemilihan Strategi Pembelajaran Sebagai Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Di MTs Miftahul Huda Ngreco, Kandat, Kab. Kediri Tahun Pembelajaran 2015-2016

Nurain, Riski Yunani (2016) Pemilihan Strategi Pembelajaran Sebagai Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Di MTs Miftahul Huda Ngreco, Kandat, Kab. Kediri Tahun Pembelajaran 2015-2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117212 prabab.pdf

Download (495kB)
[img] Text
932117212 BAB 1.pdf

Download (186kB)
[img] Text
932117212 BAB 2..pdf

Download (239kB)
[img] Text
932117212 BAB 3..pdf

Download (209kB)
[img] Text
932117212 BAB 4..pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
932117212 BAB 5..pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
932117212 BAB 6..pdf

Download (88kB)
[img] Text
932117212 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
932117212 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)

Abstract

Motivasi belajar siswa sangatlah penting dan dibutuhkan dalam menunjang proses pembelajaran dan mempengaruhi hasil dari proses tersebut, karena dengan adanya motivasi yang tinggi akan mendorong siswa untuk belajar dengan rajin. Pemilihan strategi pembelajaran sebagai upaya guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar sangat diperlukan, karena dengan adanya pemilihan strategi yang tepat akan membaca proses pembelajaran yang aktif, efektif, dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di MTs Miftahul Huda Ngreco, Kandat tahun pembelajaran 2015-2016. 2) Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII di MTs Miftahul Huda Ngreco, Kandat tahun pembelajaran 2015-2016. Penelitian ini menggunakan kualitatif. Adapun jenis penelitiannya deskriptif, karena dalam penelitian ini dipandang sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang dapat diamati dari subjek itu sendiri. Untuk metode penggumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, analisis data, dan pengecekan keabsahan data. Seluruh data diperoleh dari wawancara, observasi, dokumentasi setelah itu analisis data. Dan untuk mengecek keabsahan datanya menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi pembelajaran guru sejarah kebudayaan islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, yaitu dengan menjelaskan tujuan pembelajaran, menggunakan metode yang bervariasi, dan penggunaan media yang baik yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. 2) Evaluasi pembelajaran guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar, dengan cara pemberian tugas, memberikan pujian, memberi ulangan, pemberian angka, pengetahuan akan hasil belajar atau evaluasi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 25 Mar 2021 01:25
Last Modified: 25 Mar 2021 01:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2219

Actions (login required)

View Item View Item