Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMP Negeri 7 Kediri Tahun Pembelajaran 2016

ZULMI, NIZAR (2016) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMP Negeri 7 Kediri Tahun Pembelajaran 2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932115512 - Pra BAB.pdf

Download (768kB)
[img] Text
932115512 - BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
932115512 - BAB II.pdf

Download (419kB)
[img] Text
932115512 - BAB III.pdf

Download (193kB)
[img] Text
932115512 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
932115512 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
932115512 - BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text
932115512 - Daftar Pustaka.pdf

Download (150kB)
[img] Text
932115512 - Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Pembinaan Akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa dan faktor pendukung dan penghambat dari upaya guru pendidikan agama islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 7 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu suatu metode yang mempunyai ciri-ciri antara lain: latar penelitian bersifat alami, peneliti sebagai instrumen kunci dan penelitiannya bersifat deskriptif. Berkaitan dengan itu, untuk memperoleh data di lapangan dalam rangka mendeskripsikan dan menjawab permasalahan yang sedang diteliti maka digunakan metode pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Dimana ketiga komponen ini merupakan suatu rangkaian yang tidak terpisahkan guna memperoleh data dalam penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa bentuk pelaksanaan pembinaan akhlak siswa di SMPN 7 Kediri tahun pembelajaran 2016 adalah 1) Pembiasaan; 2) Keteladanan; 3) Kepedulian Sosial; 4) Pengadaan kegiatan-kegiatan keagamaan. Pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam pembinaan Akhlak siswa di SMPN 7 Kediri tahun pembelajaran 2016. Faktor yang menjadi pendukung terlaksananya guru dalam pembinaan Akhlak siswa di SMPN 7 Kediri adalah: 1) komunikasi yang baik 2) Kerjasama dengan pihak guru dan orang tua. Faktor yang menjadi penghambat terlaksananya guru dalam pembinaan Akhlak siswa di SMPN 7 Kediri adalah: 1) Karakteristik siswa yang berbeda; 2) Pengaruh lingkungan pergaulan; 3) Waktu; 4) IPTEK yang tidak terkontrol. Untuk meningkatkan bentuk pelaksanaan pembinaan akhlak siswa di SMPN 7 Kediri dan meningkatkan Pendukung dan memperbaiki penghambat yang dihadapi guru dalam pembinaan Akhlak siswa di SMPN 7 Kediri, maka penulis menyarankan kepada pihak sekolah untuk menjadikan akhlak sebagai orientasi utama dan pertama di dalam tujuan sekolah, disarankan pula untuk para guru menjadi suri tauladan bagi siswa-siswinya agar akhlak anak didik setiap hari semakin baik dalam kehidupan sehari-harinya di sekolah khususnya, umumnya di luar sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 15 Feb 2021 05:14
Last Modified: 15 Feb 2021 05:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2174

Actions (login required)

View Item View Item