Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas Vlll-G Melalui Metode Mind Mapping (Peta Konsep) Di MTsN Blitar Tahun Ajaran 2015/2016

HUDA, MUHAMMAD MIFTAKHUL (2016) Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas Vlll-G Melalui Metode Mind Mapping (Peta Konsep) Di MTsN Blitar Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932112811 - Pra BAB.pdf

Download (852kB)
[img] Text
932112811 - BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
932112811 - BAB II.pdf

Download (313kB)
[img] Text
932112811 - BAB III.pdf

Download (367kB)
[img] Text
932112811 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img] Text
932112811 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
932112811 - BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
932112811 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text
932112811 - Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)

Abstract

Kata Kunci : Prestasi Belajar, Metode Mind Mapping Berdasarkan observasi awal pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII-G MTsN Blitar masih cenderung menggunakan metode konvensional, dan terlihat masih banyak siswa yang belum mencapai nilai KKM. Dari permasalahan tersebut perlu adanya alternatif solusi yaitu penerapan metode mind mapping. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah metode pembelajaran mind mapping efektif dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah siswa pada materi latar belakang berdirinya Dinasti Al-Ayyubiyah di Mesir pada siswa kelas VIII-G di MTsN Blitar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-G MTsN Blitar Tahun Ajaran 2015/2016. Dengan teknik sampling non probality dan jenisnya Sampling jenuh dimana setiap anggota popuplasi memiliki kesempatan untuk diteliti karena jumlah populasi relative sedikit. Peneliti mewawancarai dan memberi angket kuisioner mengenai proses pembelajaran yang pernah dilakukan oleh guru mereka dan mengenai metode mind mapping yang peneliti gunakan dalam menyampaikan materi sejarah kebudayaan islam. Peneliti juga mewawancarai guru mata pelajaran yang bersangkutan mengenai metode yang digunakan dan tanggapan mengenai metode mind mapping. Hasil belajar pada saat pra siklus diperoleh nilai tertinggi hanya 74 dan nilai terendah 54, rata-rata 64,3 dengan menggunakan metode ceramah yang biasanya digunakan guru mata pelajaran yang bersangkutan. Selanjutnya peneliti menggunakan metode mind mapping pada siklus 1 diperoleh nilai tertinggi 78 dan nilai terendah 54, rata-rata 66,2 dan dilakukan tindakan lanjut pada siklus 2 karena masih banya yang belum tuntas. Pada siklus 2 menggunakan metode mind mapping diperoleh nilai tertinggi 98 dan nilai terendah 66, rata-rata 87,2. Hal ini menunjukkan pembelajaran dengan metode mind mapping lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MTsN Blitar. Berdasarkan penjabaran diatas peneliti memberikan saran kepada guru untuk mencari metode pembelajaran alternatif seperti metode pembelajaran mind mapping agar siswa lebih mudah memahami materi serta aktif dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 15 Feb 2021 03:05
Last Modified: 15 Feb 2021 03:05
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2158

Actions (login required)

View Item View Item