Implementasi Pembelajaran Kitab Hidayatus Sibyan dalam Peningkatan Kualitas Membaca Al-Qur’an di Kelas 4 Madrasah Diniyah Miftahul Mubtadiien Dusun Biro Desa Wonorejo Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri

SHOLIHAH, ZUMROTUS (2020) Implementasi Pembelajaran Kitab Hidayatus Sibyan dalam Peningkatan Kualitas Membaca Al-Qur’an di Kelas 4 Madrasah Diniyah Miftahul Mubtadiien Dusun Biro Desa Wonorejo Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104716 Pra BAB.pdf

Download (698kB)
[img] Text
932104716 BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
932104716 BAB II.pdf

Download (254kB)
[img] Text
932104716 BAB III.pdf

Download (167kB)
[img] Text
932104716 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
932104716 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
932104716 BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
932104716 Daftar Pustaka.pdf

Download (133kB)
[img] Text
932104716 Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB)

Abstract

ABSTRAK SHOLIHAH, ZUMROTUS, 2020. Implementasi Pembelajaran Kitab Hidayatus Sibyan dalam Peningkatan Kualitas Membaca Al-Qur’an di Kelas 4 Madrasah Diniyah Miftahul Mubtadiien Dusun Biro Desa Wonorejo Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. H. Anis Humaidi, M. Ag dan (2) Mohammad Asy’ari, M. H. I Kata kunci: Pembelajaran, Kitab Hidayatus Sibyan, Kualitas Membaca Al-Qur’an Membaca Al-Qur’an merupakan perintah agama, diterangkan dalam Surat Al-Alaq ayat 1 dengan jelas supaya umat Islam membaca dengan nama Allah SWT. Membaca membutuhkan kemampuan mengingat, memahami dan melisankan ayat yang tertulis. Dalam membaca Al-Quran juga dibutuhkan pedoman untuk mempelajari hukum-hukum tajwid sebagaimana di Madrasah Diniyah Miftahul Mubtadiien yang menggunakan pedoman kitab kuning untuk mempelajari ilmu tajwid yaitu Kitab Hidayatus Sibyan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1. Perencanaan yang digunakan dalam pembelajaran Kitab Hidayatus Sibyan, 2. Metode yang digunakan dalam pembelajaran Kitab Hidayatus Sibyan, 3. Evaluasi dalam pembelajaran Kitab Hidayatus Sibyan, 4. Hasil dari pembelajaran Kitab Hidayatus Sibyan. Pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus, yaitu peneliti hanya menfokuskan penelitian pada satu fenomena saja, yaitu pembelajaran Kitab Hidayatus Sibyan yang diajarkan di kelas 4 jenjang Ibtidaiyyah Madrasah Diniyah Miftahul Mubtadiien. Obyek dari penelitian ini yaitu ustadzah yang mengajar Kitab Hidayatus Sibyan dan seluruh santri kelas 4 yang berjumlah 30 santri. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data setelah itu verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1. Perencanaan yang dilakukan di Madrasah Diniyah Miftahul Mubtadiien menyediakan sarana prasarana sedangkan perencanaan yang dilakukan oleh ustadzah yaitu membuat catatan tentang materi yang akan diajarkan dan membuat soal evaluasi, 2. Metode yang digunakan yaitu metode talaqqi, metode bandongan, dan metode hafalan, 3. Evaluasi yang dilakukan yaitu evaluasi tanya jawab dan penugasan, mengerjakan soal semester, membaca Al-Qur’an, dan setoran hafalan nadzam, 4. Kemampuan membaca Al-Qur’an santri kelas 4 jenjang Ibtidaiyyah setelah mempelajari Kitab Hidyatus Sibyan baik dilihat dari hasil tes yang rata-rata nilainya antara 81-90 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 10 Feb 2021 03:48
Last Modified: 10 Feb 2021 03:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2130

Actions (login required)

View Item View Item