Strategi Pembelajaran Guru Fiqh dalam Mewujudkan Visi di MTsN Kanigoro Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun 2014-2015

FUADAH, HUSNATUL (2015) Strategi Pembelajaran Guru Fiqh dalam Mewujudkan Visi di MTsN Kanigoro Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun 2014-2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932119811 - Pra BAB.pdf

Download (651kB)
[img] Text
932119811 - BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
932119811 - BAB II.pdf

Download (351kB)
[img] Text
932119811 - BAB III.pdf

Download (189kB)
[img] Text
932119811 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
932119811 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
932119811 - BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
932119811 -DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] Text
932119811 - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Guru Fiqh, Visi Salah satu persoalan pendidikan di indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan di semua jenjang pendidikan, oleh karena itu banyak upaya yang di lakukan para guru agar pendidikan maju yaitu salah satunya menyusun visi sekolah yang bisa di jadikan wawasan dalam menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Apalagi dalam menghadapi tantangan zaman di abad modern dengan perkembangan IPTEK yang semakin pesat, sehingga mengharuskan sekolah tanggap terhadap pemberlakuan visi yang sesuai dengan perkembangan zaman tetapi tetap religius dan berwawasan lingkungan. Dengan itu, fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaiman pemahaman guru fiqh terhadap visi di MTsN Kanigoro Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun 2014-2015, 2) Bagaimana metode pembelajaran guru fiqh dalam mewujudkan visi di MTsN Kanigoro Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun 2014-2015, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran guru fiqh dalam mewujudkan visi di MTsN Kanigoro Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun 2014-2015 . Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian adalah studi kasus. Lokasi penelitian di MTsN Kanigoro Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Adapun data yang didapatkan berasal dari hasil observasi, dokumentasi dan hasil wawancara kepada kepala sekolah, waka kurikulum, guru fiqh dan siswa. Sedangkan analisis data meliputi kegiatan pengurutan, pengorganisasian data, pemilahan menjadi satu-satuan tertentu, sintesis data, penemuan hal-hal yang penting dan dipelajari serta penentuan apa yang harus dikemukakan kepada orang lain. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Pemahaman guru fiqh terhadap visi di MTsN Kanigoro Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun 2014-2015 adalah bahwa sebagian guru fiqh hafal visi sekolah dan faham serta mengerti, dengan visi itu sekolah ingin di arahkan lebih maju, unggul, berkualitas dalam segala aspek sehingga bisa mencetak siswa siswi yang handal, berkarakter, berbudaya, agamis, dan bermutu tinggi dan lulusannya bisa diterima disekolah lanjutan manapun. 2) Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru fiqh dalam mewujudkan visi di MTsN Kanigoro Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun 2014-2015 adalah dengan menggunakan metode ceramah, praktek atau modeling, hafalan, game, diskussi, tanya jawab, game cerdas cermat serta penggabungan antara K13 dengan KTSP, serta memasukkan strategi humor, motifasi, bercerita, metode pengulangan. 3) Evaluasi pembelajaran yang di laksanakan oleh guru fiqh dalam mewujudkan visi di MTsN Kanigoro Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun 2014-2015 adalah dengan tes tulis, tes lisan, tes praktek, tes hafalan, remidi, kerja kelompok maupun individu dan memberikan tugas dari sekolah atau PR, ulangan harian, UTS, UAS dan UAN.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 10 Feb 2021 02:39
Last Modified: 10 Feb 2021 02:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2117

Actions (login required)

View Item View Item