Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengelola Kelas untuk Meningkatkan Dinamika Pembelajaran Di SMA Negeri 1 Pace

ALISMIANI, HENIK (2016) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengelola Kelas untuk Meningkatkan Dinamika Pembelajaran Di SMA Negeri 1 Pace. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932106012 - Pra BAB.pdf

Download (295kB)
[img] Text
932106012 - BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
932106012 - BAB II.pdf

Download (172kB)
[img] Text
932106012 - BAB III.pdf

Download (170kB)
[img] Text
932106012 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text
932106012 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
932106012 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text
932106012 - Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Dinamika Pembelajaran Guru pendidikan agama Islam merupakan contoh suri tauladan yang baik bagi peserta didik. Oleh karena itu guru pendidikan agama Islam perlu memiliki perangkat kompetensi dalam lembaga pendidikan untuk meningkatkan dinamika pembelajaran dan guru lebih mampu menciptakan pengelolaan kelas dan suasana lingkungan kelas yang efektif dan optimal untuk tercapainya proses pembelajaran dalam meningkatkan dinamika pembelajaran pendidikan agama Islam. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:(1) Bagaimana guru pendidikan agama Islam dalam mengelola kelas melalui moving class di SMA Negeri 1 Pace?,(2) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan dinamika pembelajaran melalui moving class di SMA Negeri 1 Pace?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu data tertulis dan tidak tertulis. Seluruh data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang ada, reduksi data, pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Di mana ketiga komponen tersebut merupakan suatu rangkaian yang tidak terpisahkan guna memperoleh data penelitian, oleh karena itu analisa data menggunakan teknik kualitatif studi kasus. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa upaya guru dalam mengelola kelas dengan melalui moving class di SMA Negeri 1 Pace dapat meningkatkan dinamika pembelajaran: (1) Pengaturan dalam tempat duduk (rolling), pengaturan sarana prasarana dan pengawasan kelas, pengaturan kebersihan dan keindahan kelas, pengaturan organisasi kelas, pengontrolan kedisiplinan guru dan siswa, (2) Variasi pembelajaran yang sesuai dengan materi dan manajemen kelas dan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 10 Feb 2021 02:15
Last Modified: 10 Feb 2021 02:15
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2114

Actions (login required)

View Item View Item