Hubungan Kecemasan terhadap Ketidakpastian Komisi Pemasaran dengan Intensi Turnover (Studi pada Agen Asuransi di PT. Prudential Life Assurance Kediri)

Mufthia, Anis (2018) Hubungan Kecemasan terhadap Ketidakpastian Komisi Pemasaran dengan Intensi Turnover (Studi pada Agen Asuransi di PT. Prudential Life Assurance Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933406214 PRA BAB.pdf

Download (491kB)
[img] Text
933406214 BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
933406214 BAB II.pdf

Download (554kB)
[img] Text
933406214 BAB III.pdf

Download (376kB)
[img] Text
933406214 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text
933406214 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
933406214 BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
933406214 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)
[img] Text
933406214 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)

Abstract

Agen asuransi merupakan sumber daya manusia yang sangat penting bagi perusahaan asuransi. Jika mereka mengalami kecemasan dalam menjalankan tugasnya, maka perusahaan akan mengalami penurunan produktivitas. Salah satu kecemasan yang dialami agen asuransi adalah ketidakpastian komisi pemasaran. Jika kecemasan yang dirasakan dibiarkan semakin lama, maka mereka akan melakukan usaha melarikan diri dari perusahaan dengan cara keluar dari pekerjaannya (turnover). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan terhadap ketidakpastian komisi pemasaran dengan intense turnover pada agen asuransi di PT. Prudential Kediri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif yakni berupa angka dan statistik. Sumber data dari penelitian ini berupa skala yang disebarkan kepada agen asuransi. Populasi dalam penelitian ini adalah 120 agen asuransi di PT. Prudential Kediri dengan pengambilan sampel berdasarkan tabel isac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5 % yaitu sebanyak 89 agen asuransi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa tingkat kecemasan terhadap ketidakpastian komisi pemasaran pada agen asuransi termasuk dalam kategori sedang yaitu sebanyak 41 agen asuransi (46%) dan tingkat intensi turnover pada agen asuransi termasuk dalam kategori sedang yaitu sebanyak 34 agen asuransi (38%). Berdasarkan hasil uji Pearson Product Moment, diperoleh nilai p value = 0,015 (<0,05) dan nilai r = 0,256. Hal ini berarti 25,6% intensi turnover dapat dijelaskan oleh kecemasan terhadap ketidakpastian komisi pemasaran, sedangkan sisanya yaitu 74,4% dapat dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti kepuasan kerja, beban kerja dan komitmen kerja. Sehingga kesimpulan dalam penelitian ini yaitu Ha diterima yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecemasan terhadap ketidakpastian komisi pemasaran dengan intensi turnover pada agen asuransi di PT. Prudential Life Assurance Kediri, yang artinya semakin tinggi kecemasan terhadap ketidakpastian komisi pemasaran maka semakin tinggi intensi turnover pada agen asuransi di PT. Prudential Life Assurance Kediri, begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 09 Feb 2021 05:44
Last Modified: 09 Feb 2021 05:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2112

Actions (login required)

View Item View Item