Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Self Control Siswa Kelas VII di MTsN Kediri 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016

Wulansari, Eka Mei (2016) Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Self Control Siswa Kelas VII di MTsN Kediri 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104112 - Pra BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932104112 - BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
932104112 - BAB II.pdf

Download (273kB)
[img] Text
932104112 - BAB III.pdf

Download (233kB)
[img] Text
932104112 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
932104112 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
932104112 - BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
932104112 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] Text
932104112 - Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Merosotnya tatakrama, tata pergaulan dan tata kehidupan siswa baik di madrasah maupun di lingkungan masyarakat merupakan salah satu masalah pendidikan yang harus dicermati dan diatasi oleh semua pihak yang peduli terhadap masa depan bangsa. Siswa harus dibantu agar apa yang mereka terima dari sekolah dapat menjadi bekal guna menjadi anggota masyarakat yang mandiri dan mampu menghadapi masalah-masalah yang dihadapinya. Dalam kondisi seperti ini, pelayanan bimbingan dan konseling madrasah sangat penting untuk membantu siswa mengatasi masalah yang dihadapinya guna meningkatkan mutu individu dan lembaga pendidikan. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui Self Control siswa di MTsN Kediri 2 Kota Kediri , mengetahui upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan Self Control siswa di MTsN Kediri 2 Kota Kediri, mengetahui foktor penghambat dalam meningkatkan Self Control siswa di MTsN Kediri 2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diperoleh dari guru BK, Guru tatib, dan siswa. Prosedur pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat self control siswa Kelas 7 MTsN Kediri 2 di tahap awal atau semester satu masih dikatakan rendah. Hal itu karena adanya siswa yang belum mampu mengontrol perilaku masing-masing individu atau tingkah laku impulsif yang bisa dilakukan dengan kemampuan mengendalikan ego dan hawa nafsu (behavioral control). Selain itu mereka juga belum mampu untuk memberikan penilaian segala peristiwa yang baik dengan mempertimbangkan hal-hal yang positif (cognitif control), serta belum mampu untuk mengambil keputusan sendiri berdasarkan sesuatu yang diyakini baik untuk dilakukan (desicional control). 2)Upaya guru BK dalam meningkatkan self control siswa Kelas 7 MTsN Kediri 2 yaitu meliputi : jika ada kasus BK menyelidiki, mengumpulkan saksi yang bersangkutan dan bertindak lanjut dengan memberikan bantuan bimbingan konseling pada siswa ; mematuhi tatib sekolah, menerapkan kegiatan sholat dhuha dan sholat dhuhur bersama dan melalui bimbingan konseling secara clasikal maupun individu.3)faktor penghambat guru BK dalam meningkatkan self control siswa Kelas 7 MTsN Kediri 2 yaitu BK masuk kelas hanya 2 minggu sekali, terbatasnya guru Bk, lingkungan siswa yang kurang mendukung dan dari orang tua. Kata Kunci: Guru Bimbingan dan Konseling, Self Control

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 09 Feb 2021 04:35
Last Modified: 09 Feb 2021 04:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2101

Actions (login required)

View Item View Item