Implementasi Metode Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X-6 SMAN 1 Ngadiluwih

MASRURI, MUHAMMAD (2017) Implementasi Metode Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X-6 SMAN 1 Ngadiluwih. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
persembahan, abstract, kata pengantar.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (387kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
NOTA-KONSULTAN_RPP SIKLUS 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Prestasi belajar ialah hasil pencapaian yaug diperoleh seorang pelajar siswa setelah mengikuti ujian dalam suatu pelajaran tertentu. Di SMA Negeri Ngadiluwih prestasi belajar siswas kelas X-6 sangat rendah, oleh karena itu perlu metode yang tepat dalam mengatasi prestasi belajar tersebut, dalam hal ini peneliti menggun akan metode number heads together dalam meningkatkna prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas X-6 SMAN 1 Ngadiluwih. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas dan lokasi penelitiannya SMA Negeri Ngadiluwih, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah siswa kelas X-6 di SMA Negeri Ngadiluwih. Adapun tahapan dalam penelitian ada empat tahapan yaitu : 1) Menyusun RPP, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan 3 siklus mulai dari pra siklus, skilus kesatu, dan siklus kedua. Berdasarkan penelitian tindakan kelas, mulai dari pra siklus yang menggunakan metode ceramah, yang dilanjutkan dengan siklus 1, dan siklus 2 menggunakan metode Number Heads Together, diketahui bahwa metode Number Heads Together dapat mengkatkan prestasi belajar siswa kelas X-6 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pada pra siklus 34,28 % siswa yang tuntas, dan 65,72 % siswa yang tidak tuntas, pada siklus 2 persentase ketuntasan meningkat sebanyak 64,86% siswa tuntas dan 35,24 % siswa yang tidak tuntas, sesdangkan pada siklus 2 meningkat sebanyak 91,89 % siswa yang tuntas, dan 8,11 % siswa yang tidak tuntas. Dapat disimpulkan bahwa metode Number Heads Together dapat mengkatkan prestasi belajar siswa kelas X-6 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Ngadiluwih.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 25 Feb 2019 03:57
Last Modified: 25 Feb 2019 03:57
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/199

Actions (login required)

View Item View Item