Upaya Guru Aqidah Akhlaq dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Mengasosiasi Materi Pelajaran Pada Program PDCI Semester 2 di MTsN Tanjungtani Prambon Nganjuk Tahun Pelajaran 2017

Hidayah, Millatul (2017) Upaya Guru Aqidah Akhlaq dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Mengasosiasi Materi Pelajaran Pada Program PDCI Semester 2 di MTsN Tanjungtani Prambon Nganjuk Tahun Pelajaran 2017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
Awal awal.pdf

Download (986kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP_uud.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran pada dasarnya suatu usaha yang menciptakan kondisi atau lingkungan yang mendukung yang memungkinkan untuk berlangsungnya proses belajar. Pembelajaran yang banyak digunakan oleh guru aqidah Akhlaq selama ini lebih banyak menggunakan metode berpasang-pasangan atau diskusi kelompok. Oleh karena itu, Guru Aqidah Akhlaq perlu memiliki kemampuan untuk meningkatkan kemampuan siswa mengasosiasi pelajaran, agar siswa lebih senang dan juga mampu mengamalkan apa yang diperoleh saat belajar tersebut. Fokus Penelitian dalam Skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Pembelajaran Aqidah Akhlaq di MTsN Tanjungtani Prambon Nganjuk. 2) Bagaimana upaya guru Aqidah Akhlaq dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Mengasosiasi Pelajaran pada Program Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI) di MTsN Tanjungtani Prambon Nganjuk. 3) Bagaimana penerapan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Aqidah Akhlaq di program Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI) di MTsN Tanjungtani Prambon Nganjuk Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan.dan prilaku yang dapat diamati dari subyek itu sendiri. Data yang diperoleh mulai wawancara, observasi dan Dokumentasi dilanjutkan dengan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh dengan cara reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Tahap terakhir adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi guna memperoleh data dalam penelitian yang sesuai dengan kenyataan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran Aqidah Akhlaq di MTsN Tanjungtani Prambon Nganjuk yakni melalui Perencanaan Pembelajaran adalah bentuk strategi guru dalam meningkatkan kemampuan siswa mengasosisi pelajaran Aqidah Akhlaq, guru tidak hanya menyususn perangkat pembelajaran, akan tetapi juga mempersiapkan psikologi guru, merencanakan langkah antisipasi jika ada hal yang tidak sesuai dengan perencanaan begitu juga dengan menata penampilan guru. 2) upaya yang dilakukan oleh guru Aqidah Akhlaq dalam meningkatkan kemampuan siswa mengasosiasipelajaran yaitu melalui: pemberian nasehat atau cerita-cerita pada setiap jam pelajaran Aqidah Akhlaq, pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok/presentasi, dan juga dengan menggunakan Tanya Jawab kepada siswa lainnya. 3) Penerapan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Aqidah Akhlaq di program PDCI di MTsN Tanjungtani Prambon Nganjuk yaitu dengan cara implementasi dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran seperti Kegiatan Pendahuluan, Kegiatan Inti dan Kegiatan Penutup.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Operator Repository
Date Deposited: 20 Feb 2019 06:58
Last Modified: 20 Feb 2019 06:58
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/194

Actions (login required)

View Item View Item