Pola Interaksi antara Guru Al-Qur’an Hadist dengan Siswa dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di MTsN 1 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016-2017

HIDAYATULLAH, M. SYARIF (2017) Pola Interaksi antara Guru Al-Qur’an Hadist dengan Siswa dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di MTsN 1 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016-2017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
1 COVER -12 HALAMAN JUDUL_Halaman Persetujuan.pdf

Download (984kB)
[img] Text
13 BAB 1 pendahuluan.pdf

Download (180kB)
[img] Text
14 BAB 2 landasan teori.pdf

Download (240kB)
[img] Text
15 BAB 3 metode penelitian.pdf

Download (183kB)
[img] Text
16 BAB 4 analisis penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
17 BAB 5 pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
18 BAB 6 penutup - D. pustaka.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Daftar Konsultasi 1_21 Lampiran 01-04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan adalah salah satu usaha dalam menjadikan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia menjadi lebih berkualitas. Menjadi berkualitas tidak sekedar meningkatkan pengetahuan akan tetapi juga meningkatkan keterampilan dan kemampuan. Hal seperti ini tidak lepas dari sebuah pendidikan yang efektif, seperti aktifnya guru dan siswa. Hubungan timbal balik di dalam pendidikan antara pendidik dengan peserta didik merupakan interaksi edukatif, yakni interaksi yang dengan sadar meletakkan tujuan untuk mengubah tingkah laku dan perbuatan seseorang. Seperti yang ada di MTsN 1 Kota Kediri, peneliti sangat tertarik dengan hubungan interaksi yang dilakukan oleh guru al-Qur’an hadist terhadap siswa MTsN 1 Kota Kediri di dalam kelas dan di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui kedisiplinan belajar siswa mata pelajaran al-Qur’an Hadist di MTsN 1 kota Kediri. (2) Untuk mengetahui bagaimana pola interaksi antara guru al-Qur’an Hadist dengan siswa di MTsN 1 Kota Kediri untuk meningkatkan kedisiplinan belajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTsN 1 Kota Kediri. Pegumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Guru mata pelajaran al-Qur’an Hadist, Siswa MTsN 1 Kota Kediri dan Guru BK (bimbingan konseling). Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, paparan atau sajian data dan penarikan kesimpulan, dan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kedisiplinan siswa MTsN 1 Kota Kediri tahun pelajaran 2016-2017 kedisiplinan positif dan kedisiplinan negative (2) Pola interaksi yang dilakukan guru al-Qur’an Hadist kepada siswa dalam meningkatkan kedisiplinan belajar menggunakan pola interaksi satu arah, dua arah, tiga arah dan multi arah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 19 Feb 2019 04:48
Last Modified: 19 Feb 2019 04:48
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/189

Actions (login required)

View Item View Item