Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Nilai-nilai Ibadah Di SMPN 2 Papar

Savira, Annisa' Ni'ma (2020) Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Nilai-nilai Ibadah Di SMPN 2 Papar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932122216 - Pra BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932122216 - BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
932122216 - BAB II.pdf

Download (548kB)
[img] Text
932122216 - BAB III.pdf

Download (401kB)
[img] Text
932122216 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932122216 - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
932122216 - BAB VI .pdf

Download (280kB)
[img] Text
932122216 - Daftar Pustaka.pdf

Download (325kB)
[img] Text
932122216 - Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Proses pembelajaran merupakan suatu proses pendidikan, secara keseluruhan dengan guru sebagai pemegang pemeran utamanya. Terlebih seorang guru PAI yang berperan untuk mendidik, mengajar, membimbing, dan mengevaluasi peserta didiknya agar tercapai tujuan pendidikan. Peran guru PAI saat ini sangat menantang, karena dihadapkan dengan penyesuaian kurikulum 2013 yang lebih mengedepankan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Komunikasi (IPTEK). Hal ini dapat memunculkan dampak yang positif dan negatif. Positifnya ialah sekolah dapat memfasilitasi alat-alat elektronik, wawasan bagi guru dan peserta didik menjadi cepat berkembang karena bisa mengakses literatur dari internet, bahkan informasi dapat dijangkau dengan cepat tidak menunggu waktu yang relatif lama dan bisa kapan saja terjawabkan dalam berbagai persoalan. Namun, dampak negatifnya ialah menjadikan peserta didik lebih acuh terhadap lingkungan, nilai-nilai ibadah menjadi memudar, dan bahkan bentukbentuk penyimpangan sosial yang lain juga sering terjadi. Dampak negatif bagi guru kompetensi yang dimiliki menjadi berkurang dan tidak bisa berkembang, karena peserta didik lebih percaya pada alat media komunikasinya. Sementara sesuai dengan standar kompetensi seorang guru, harusnya dapat membawa pengaruh yang baik untuk peserta didiknya dalam persoalan kepribadian, pedagogik, sosial, dan spiritual. Termasuk kompetensi sosial seorang guru harus bisa mencerminkan panutan yang baik bagi peserta didik dan masyarakat. Kompetensi sosial sejatinya memang sudah ada pada diri manusia, karena manusia terlahir sebagai makhluk sosial. Namun, kompetensi sosial yang dimiliki masing-masing manusia belum tentu dapat mebawa perubahan atau pengaruh untuk lingkungan sekitarnya. Sehingga kompetensi sosial bagi guru PAI menjadi penting dalam hal tidak hanya memahamkan materi saja, akan tetapi juga membawa ke arah penerapan atau aplikasi kehidupan yang sesungguhnya. Di SMPN 2 Papar merupakan lembaga sekolah yang umum, dan lingkungan masyarakatnya masih abangan terhadap pengetahuan agama Islam. Terlebih letak sekolah ini berada dekat dengan pemukiman warga, gereja, dan masjid. Otomatis lingkungan yang terbentuk merupakan lingkungan yang struktur sosialnya heterogen. Maka peneliti ingin meneliti tentang “Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Ibadah di SMPN 2 Papar”. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yaitu penelitian berdasarkan penemuan atau fenomena dilapangan yang kemudian disesuaikan dengan teori. Hal ini karena pendekatan kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.1 Jenis penelitian ini berupa studi kasus, dan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi. Sumber datayang didapat dari SMPN 2 Papar ada tiga guru PAI yang bernama Bapak Isroil, Bapak Akbar, dan Ibu Recy. Ketiga guru PAI tersebut saling bekerja sama untuk mengusahakan perubahan peserta didiknya ke arah yang lebih baik lagi utamanya dalam hal mengembalikan nilai-nilai ibadah yang semakin berkurang, khususnya nilai ibadah yang berbentuk sosial. Seperti shadaqah, tolong-menolong, berkata baik, dan adil. Dan ternyata kompetensi sosial yang dimiliki oleh guru PAI di SMPN 2 Papar cukup baik,terbukti ketiga guru PAI dapat beradaptasi dengan lingkungan, memiliki rasa empati dan berkomunikasi secara santun, bergaul secara efektif, memiliki pengetahuan tentang hubungan antar manusia, menguasai psikologi sosial, dan memiliki keterampilan bekerjasama dalam kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 08 Dec 2020 04:05
Last Modified: 08 Dec 2020 04:05
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1881

Actions (login required)

View Item View Item