Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Miftahul Afkar Selotopeng Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri.

Mutoharoh, Mutoharoh (2020) Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Miftahul Afkar Selotopeng Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932135716 Pra Bab.pdf

Download (754kB)
[img] Text
932135716 Bab 1.pdf

Download (543kB)
[img] Text
932135716 Bab 2.pdf

Download (479kB)
[img] Text
932135716 Bab 3.pdf

Download (380kB)
[img] Text
932135716 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
932135716 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
932135716 Bab 6.pdf

Download (335kB)
[img] Text
932135716 Daftar Pustaka.pdf

Download (282kB)
[img] Text
932135716 Lampiran.pdf

Download (796kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa peserta didik sering mengalami kesulitan dalam mempelajari sejarah kebudayaan Islam. Hal ini berdampak pada menurunnya motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Oleh karena itu, perlu adanya strategi khusus dari guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Fokus penelitian dari deskripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pendekatan individual, pemberian pengayaan dan pemberian bimbingan. 2) Bagaiman guru sejarah kebudayaan Islam dalam memotivasi belajar siswa dengan menggunakan strategi tersebut? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di MTs Miftahul Afkar. Data yang didapatkan peneliti dari guru keagamaan dan siswa. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan 1)Strategi guru sejarah kebudayaan Islam melalui pendekatan individual dengan mendekati siswa satu persatu. Guru harus mengenali karakter masing-masing individu karena setiap individu mempunyai karakter dan kemampuan belajar yang berbeda-beda, guru harus mampu menyajikan pelajaran yang menarik dan tidak membosankan. 2) Strategi guru sejarah kebudayaan Islam melalui pemberian pengayaan yaitu dengan memberikan tugas tambahan pada siswa yang harus dikerjakan dilembaran dan dikumpulkan jika siswa tetap tidak mengerjakan tugasnya maka siswa tidak mendapatkan nilai. 3) Strategi guru sejarah kebudayaan Islam melalui pemberian bimbingan dengan melakukan pendekatan individual terlebih dahulu untuk mengetahui dan mendalami karakter siswa, kepribadian siswa sehingga dengan hal ini guru mampu mengetahui keluh kesah siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 03 Dec 2020 05:13
Last Modified: 03 Dec 2020 05:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1857

Actions (login required)

View Item View Item