Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts. Roudlotul Muslimin Prambon Kabupaten Nganjuk.

Nada, Haifa Qothrun (2020) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts. Roudlotul Muslimin Prambon Kabupaten Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932103116 Pra Bab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932103116 Bab 1.pdf

Download (417kB)
[img] Text
932103116 Bab 2.pdf

Download (344kB)
[img] Text
932103116 Bab 3.pdf

Download (234kB)
[img] Text
932103116 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
932103116 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
932103116 Bab 6.pdf

Download (163kB)
[img] Text
932103116 Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB)
[img] Text
932103116 Lampiran.pdf

Download (923kB)

Abstract

Kecerdasan emosional dan kepercayaan diri diambil sebagai variabel independen karena menurut pengamatan, masih ada siswa yang kecerdasan emosionalnya kurang, baik dalam pemahaman dirinya sendiri maupun berhubungan dengan orang lain. Hal apa yang baik untuk dirinya sendiri dan bagaimana cara berempati terhadap orang lain. Selain itu, siswa juga ada yang masih kurang yakin terhadap kemampuan yang dimilikinya, siswa juga masih ada yang kurang percaya diri akan penampilan, dan malu ketika berada di depan banyak orang. Tujuan penelitian tersebut yaitu untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa di MTs Roudlotul Muslimin Prambon. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, lokasi penelitian ini dilakukan di MTs Roudlotul Muslimin Prambon. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa dan siswi MTs Roudlotul Muslimin. Pengambilan data menggunakan teknik non probability sampling yang dipilih yaitu dengan sampling jenuh (sensus) yaitu metode penarikan sampel bila semua anggota populasi kecil. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis data ini menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana dan Berganda dengan menggunakan bantuan SPSS versi 16.0. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan pada hasil penelitian, maka peneliti berkesimpulan bahwa, kecerdasan emosional (X1), kepercayaan diri (X2), dan Prestasi Belajar (Y) terdapat pengaruh positif. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penghitungan dari analisis yang menggunakan uji regresi linear sederhana dan berganda sebagai berikut, Pertama (X1): Bahwa nilai probabilitas yang sudah ditetapkan sebesar 0,05 dan nilai signifikansi 0,000 yang berarti nilai 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak, hal ini berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi 32,1% dipengaruhi oleh prestasi belajar dan sisanya 67,9 dipengaruhi oleh faktor lain. Kedua (X2): Bahwa nilai probabilitas yang sudah ditetapkan sebesar 0,05 dan nilai signifikansi 0,003 yang berarti nilai 0,003 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak dan berdasarkan koefisien determinasi didapatkan 18,9% dipengaruhi oleh prestasi belajar dan sisanya 81,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Ketiga: bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama kecerdasan emosional dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa MTs. Roudlotul Muslimin dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 jadi Ha diterima dan Ho ditolak dengan nilai koefisien determinasi 41,5% dan sisanya 58,5% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 03 Dec 2020 03:48
Last Modified: 03 Dec 2020 03:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1853

Actions (login required)

View Item View Item