PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA BIDANG STUDI FIQH (Studi Eksperimen Kelas VIII di MTs Negeri 3 Kota Kediri Tahun 2018)

FATIMAH, AYU MEGA (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA BIDANG STUDI FIQH (Studi Eksperimen Kelas VIII di MTs Negeri 3 Kota Kediri Tahun 2018). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932118614_PRA BAB.pdf

Download (952kB)
[img] Text
932118614_BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
932118614_BAB II.pdf

Download (224kB)
[img] Text
932118614_BAB III.pdf

Download (392kB)
[img] Text
932118614_BAB III.pdf

Download (392kB)
[img] Text
932118614_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text
932118614_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
932118614_BAB VI.pdf

Download (312kB)
[img] Text
932118614_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Problem based learning (PBL), berpikir kritis. Teknologi yang semakin maju memudahkan mengakses segala informasi. Peserta didik dilatih untuk mengolah informasi yang masuk agar tidak mudah termakan oleh berita palsu yang belum tentu kebenarannya. Peserta didik diharuskan memiliki pemikiran kritis terhadap segala hal. Kemampuan berpikir kritis sangat dibutuhkan oleh peserta didik agar mampu memecahkan permasalahan yang ada dilingkungannya secara tepat. Model problem based learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang bertujuan melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Model ini berorientasikan masalah dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui adanya pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada bidang studi Fiqh di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Kediri tahun 2018 serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian studi eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah praeksperimental (quasi eksperimen) dengan desain static group comparation. Sampel penelitian berjumlah 30 peserta didik untuk kelas eksperimen dan 30 peserta didik untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen tes berbentuk pilihan ganda dan uraian terbuka yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada bidang studi fiqh kelas VIII di MTsN 3 Kota Kediri tahun 2018. Analisis data menggunakan uji-t, kedua kelompok tersebut diperoleh nilai t hitung 3,512 sedangkan t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 58 yaitu sebesar 2,042, maka dapat dikatakan bahwa t hitung > t tabel berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL) ; Kurikulum dan Pedagogi Bahasa Inggris dan Literasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 01 Dec 2020 05:24
Last Modified: 01 Dec 2020 05:24
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1839

Actions (login required)

View Item View Item