Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Efikasi Diri Mahasiswa Psikologi Islam Dalam Menyusun Skripsi Di Iain Kediri

Hafidzoh, Imroatul (2020) Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Efikasi Diri Mahasiswa Psikologi Islam Dalam Menyusun Skripsi Di Iain Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933413715 PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933413715 BAB I.pdf

Download (540kB)
[img] Text
933413715 BAB II.pdf

Download (479kB)
[img] Text
933413715 BAB III.pdf

Download (679kB)
[img] Text
933413715 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)
[img] Text
933413715 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text
933413715 BAB VI.pdf

Download (305kB)
[img] Text
933413715 Daftar Pustaka.pdf

Download (402kB)
[img] Text
933413715 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Efikasi diri merupakan suatu keyakinan yang dimiliki individu dalam menghadapi suatu kendala atau hambatan. Keyakinan seseorang dalam menghadapi suat hambatan dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah dukungan sosial teman sebaya dan dukungan sosial orang tua yang merupakan faktor eksternal paling dekat dengan mahasiswa dan masuk kedalam salah satu sumber efikasi diri yaitu persuasi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Bagaimana hubungan antara dukungan sosial teman sebaya terhadap efikasi diri mahasiswa psikologi islam dalam menyusun skripsi. 2. Bagaimana hubungan antara dukungan sosial orang tua terhadap efikasi diri mahasiswa psikologi islam dalam menyusun skripsi. 3. Bagaimana hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan dukungan sosial orang tua terhadap efikasi diri mahasiswa psikologi islam dalam menyusun skripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh mahasiswa psikologi IAIN Kediri angkatan tahun 2015 yang sedang mengerjakan skripsi berjumlah 110 mahasiswa, besaran sampel ditentukan berdasarkan tabel Krecjie dan Morgan dan ditemukan sebanyak 86 sampel, penentuan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling, instrumen pada penelitian ini berupa angket dengan skala dukungan sosial teman sebaya yang disusun berdasarkan teori dari Cohen, skala dukungan sosial orang tua yang disusun berdasarkan teori dari Cohen, dan skala efikasi diri yang susun berdasarkan teori dari Bandura. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda dengan bantuan progam IBM SPSS statistics 16,0 version. Kesimpulan dari penelitain ini adalah: 1. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial teman sebaya (X₁) terhadap efikasi diri mahasiswa (Y) dengan r =0,299 dan R²=0,090 maka kontribusi yang diberikan oleh dukungan sosial teman sebaya (X₁) terhadap efikasi diri mahasiswa (Y) sebesar 9% dan 91% lainnya ditentukan faktor lain. 2. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial orang tua (X₂) terhadap efikasi diri mahasiswa (Y) dengan r =0,282 dan R²=0,080, kontribusi yang diberikan oleh dukungan sosial orang tua (X₂) terhadap efikasi diri mahasiswa (Y)8% dan 92% lainnya ditentukan faktor lain. 3. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial teman sebaya (X₁) dan dukungan sosial orang tua (X₂) terhadap efikasi diri mahasiswa (Y) dengan r =0,355 dan R²=0,126, maka kontribusi yang diberikan oleh dukungan sosial teman sebaya (X₁) dan dukungan sosial orang tua (X₂) terhadap efikasi diri mahasiswa (Y) 12,6% dan sisanya ditentukan faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:50
Last Modified: 30 Nov 2020 04:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1837

Actions (login required)

View Item View Item