Implementasi Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajran Aqidah Akhlak Materi Asmaul Husna Kelas VII H MTsN Nganjuk Tahun Ajaran 2015-2016

Muttaqin, M. Khabib (2017) Implementasi Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajran Aqidah Akhlak Materi Asmaul Husna Kelas VII H MTsN Nganjuk Tahun Ajaran 2015-2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
COVER_ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (635kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
lampiran scan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak yang terjadi selama ini guru masih mengunakan metode ceramah, Guru masih memegang peranan yang lebih dominan di dalam kelas saat proses pembelajaran sehingga siswa kurang dilibatkan secara aktif. Akibatnya siswa kurang memahami materi yang di sampaikan oleh guru dan suasana proses pembelajaran menjadi membosankan dan menjenuhkan. Sehingga mengakibatkan prestasi belajar siswa menjadi rendah. Berdasarkan uraian, terdapat suatu penerapan metode yang sesuai untuk mengatasi rendahnya prestasi belajar. Peneliti mencoba menerapkan metode baru yaitu menggunakan metode Think Pair Share. Metode Think Pair Share (TPS) adalah pembelajaran yang memberi siswa kesempatan untuk bekerja sendiri dan bekerja sama dengan orang lain. Dalam hal ini guru sangat berperan penting untuk membimbing siswa untuk befikir, berpasang-pasang dan berbagi sehingga tercipta proses bembelajaran yang aktif, kreatif dan efektif. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengkaji untuk meningkatkan proses pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) memiliki empat komponen yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siwa kelas VII H MTsN Nganjuk Kabupaten Nganjuk dengan jumlah siswa 1 kelas 37 siswa. Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas dilihat mulai dari hasil Pra-Siklus yang masih menggunakan metode ceramah banyak siswa yang belum tuntas atau masih mendapatkan nilai di bawah KKM 75 yaitu sebanyak 16 siswa yang belum tuntas dan 21 siswa tuntas. Hasil nilai Siklus I dengan menggunakan metode Think Pair Share siswa yang tuntas 28 siswa yang tidak tuntas 9 siswa. Hasil Siklus II yang tuntas dalam proses pembelajaran 35 siswa dan 2 siswa tidak tuntas atau di bawah KKM. Pembelajaran menguanakn metode Think Pair Share (TPS) disimpulkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII H pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq materi memahami Asmaul Husna di MTsN Nganjuk

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 19 Feb 2019 04:01
Last Modified: 19 Feb 2019 04:01
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item View Item