PENGARUH BULLYING TERHADAP PERILAKU BELAJAR PAI SISWA KELAS XI SMK BISHRI SYANSURI DENANYAR JOMBANG

AMIN, M. MIFTAHUDDIN AL (2018) PENGARUH BULLYING TERHADAP PERILAKU BELAJAR PAI SISWA KELAS XI SMK BISHRI SYANSURI DENANYAR JOMBANG. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932115713_BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
932115713_PRA BAB.pdf

Download (554kB)
[img] Text
932115713_BAB II.pdf

Download (232kB)
[img] Text
932115713_BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932115713_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
932115713_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
932115713_BAB VI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
932115713_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)

Abstract

Kata kunci: bullying, perilaku belajar. Perilaku bullying dalam lingkungan sekolah telah menjadi hal yang lumrah. Dengan beragam bentuknya seperti bullying fisik, bullying verbal, dan bullying psikologis, memberikan dampak tersendiri bagi pelaku maupun korbannya. Pelaku bullying akan merasa lebih mendominasi keadaan sosial dan agresif, sedangkan pada korban akan memberikan rasa trauma untuk masuk kelas, self esteem rendah, dan penurunan konsentrasi belajar, sehingga mempengaruhi prestasi belajar korban. Bertolak dari latar belakang ini, maka diadakan penelitian yang berjudul Pengaruh Bullying terhadap Perilaku Belajar PAI Siswa kelas XI SMK Bishri Syansuri Denanyar Jombang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana deskripsi mengenai bullying siswa kelas 11 SMK Bishri Syansuri Denanyar Jombang ? 2) Bagaimana deskripsi mengenai perilaku belajar siswa kelas 11 SMK Bishri Syansuri Denanyar Jombang ? 3) Bagaimana pengaruh bullying terhadap perilaku belajar PAI siswa kelas 11 SMK Bishri Syansuri Denanyar Jombang? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gambaran umum bullying siswa kelas 11 SMK Bishri Syansuri Denanyar Jombang. 2) Untuk mengetahui gambaran umum mengenai perilaku belajar siswa kelas 11 SMK Bishri Syansuri Denanyar Jombang. 3) Untuk mengetahui Pengaruh perilaku bullying terhadap perilaku belajar PAI siswa kelas 11 SMK Bishri Syansuri Denanyar Jombang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, yang menjadi populasi seluruh siswa kelas XI SMK Bishri Syansuri yang berjumlah 28 siswa. Sampelnya adalah seluruh anggota populasi, dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik sampel jenuh. Dalam penelitian ini menggunakan metode angket, dengan menerapkan skala likert (skala perilaku). Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik uji analisis regresi linier sederhana karena hanya satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Dalam penelitian ini, dihasilkan tiga temuan, yaitu: 1) Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis menunjukkan diskripsi tingkat perlakuan bullying tiap indikator sebagai berikut; a) bullying fisik pada tingkatan pernah dengan rata-rata 19,29. b) bullying verbal pada tingkatan jarang dengan rata-rata 6,96. c) bullying psikologis pada tingkatan jarang dengan rata-rata 18,33. 2) Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa perilaku belajar siswa SMK Bishri Syansuri Denanyar Jombang pada tingkat sedang dengan rata-rata 71,96 dan prosentase 41%. 3) Berdasarkan pengujian hipotesis dengan mengunakan uji regresi linier sederhana diperoleh nilai R hitung -0,535. Setelah dibandingkan ternyata R hitung > R tabel, maka tolak H0 dan terima Ha. Dapat disimpulkan ada pengaruh negatif dan signifikan antara bullying dengan perilaku belajar PAI siswa kelas XI SMK Bishri Syansuri Denanyar Jombang

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 26 Nov 2020 03:43
Last Modified: 26 Nov 2020 03:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1824

Actions (login required)

View Item View Item