PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP BOARDING SCHOOL DI MTsN 2 KABUPATEN KEDIRI

AZMI, NILAL (2018) PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP BOARDING SCHOOL DI MTsN 2 KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932116114 _PRA BAB.pdf

Download (555kB)
[img] Text
932116114 _BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
932116114 _BAB II.pdf

Download (332kB)
[img] Text
932116114 _BAB III.pdf

Download (328kB)
[img] Text
932116114 _BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text
932116114 _BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
932116114 _BAB VI.pdf

Download (434kB)
[img] Text
932116114 _LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Persepsi, Orang Tua, Boarding School,. Pendidikan merupakan suatu item yang sangat penting untuk meningkatkan mutu SDM yang ada di Indonesia dari segi pengetahuan maupun moral (akhlak) peserta didik, oleh karena itu pemerintah mencoba mencanangkan program boarding school untuk membantu berjalannya pendidikan peserta didik. Boarding school merupakan sekolah asrama yang mewajibkan peserta didik tinggal di asrama 24 jam penuh, dengan demikian dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik. Adanya boarding school yang sudah berjalan kurang lebih 5 tahun ini membutuhkan evaluasi atau penilaian. Maka peneliti mencoba untuk melakukan penelitian persepsi orang tua terhadap boarding school. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana persepsi orang tua terhadap boarding school di MTsN 2 Kabupaten Kediri?, (2) Apakah faktor yang mendorong orang tua memilih boarding school untuk pendidikan peserta didik?. Penelitian ini dimaksud untuk mengetahuan (1) Persepsi orang tua terhadap boarding school di MTsN 2 Kabupaten Kediri. (2) Untuk mengetahui faktor yang mendorong orang tua memilih pendidikan boarding school untuk peserta didik. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kuantitatif Adapun data yang didapatkan berasal dari empat metode pengumpulan data yaitu dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Dimana keempat komponen tersebut merupakan suatu rangkaian yang tidak terpisahkan guna memperoleh data penelitian. Penelitian diskripsi yang menggunakan model analisis statistika, maka diklasifikasikan menjadi dua kelompok data, yaitu data kuantitatif yang berbentuk angka-angka dan data kualitatif yang dinyatakan dalam kata-kata. Data yang berbentuk kata- kata tersebut sangat berguna untuk melengkapi gambaran yang diperoleh dari analisis data kuantitatif.Untuk teknik analisis data kuantitatif penulis menggunakan rumus distribusi frekuensi relatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa 1) persepsi orang tua terhadap keunggulan boarding school sangat baik dengan persentase sebanyak 62,36%. Sedangkan persepsi orang tua terhadap kelemahan boarding school, menyatakan bahwa tidak setuju dengan pernyataan peneliti tentang kelemahan boarding school dengan persentase sebanyak 44,24%. 2) Keunggulan yang dimiliki boarding school dapat menjadi faktor yang mendorong orang tua memilih pendidikan boarding school untuk peserta didik. Sebagai berikut: Program boarding school membantu berjalannya pendidikan, lebih aman, penanaman akhlak terpuji, pengintegrasian ilmu umum dan ilmu keagamaan, lingkungan yang baik bagi pergaulan, peserta didik menjadi lebih bertanggung jawab, fasilitas lengkap, mengajarkan kedewasaan dan kemandirian, ibadah lebih terjamin, makanan terjamin dan tepat waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 25 Nov 2020 04:57
Last Modified: 25 Nov 2020 04:57
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1816

Actions (login required)

View Item View Item