Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunarungu di SDLB-B Putera Asih Kediri

SHOLIKHAH, LUTFIYATUS (2017) Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunarungu di SDLB-B Putera Asih Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
1 cover_6 halaman awal.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I lutfi.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB II lutfi.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB III lutfi.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB IV lutfi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
BAB V lutfi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (162kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (203kB)
[img] Text
d lampiran STRUKTUR ORGANISASI SDLB_f DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Negara yang maju terwujud karena memiliki penduduk yang memiliki ilmu pendidikan dan tigkat kreatifitas tinggi dan pendidikan haus dilaksanakan dalam kedaan yang berencana. Oleh sebab itu, setiap orang berhak mendapat kesempatan untuk belajar, baik itu anak normal dan tidak. Pembelajaran hendaknya memperhatikan perbedaan-perbedaan individu anak tersebut, sehingga pembelajaran benar-benar dapat merubah kondisi anak dari yang tidak tahu menjadi tahu. Pendidikan agama islam pada khususnya yang bersumber nila-nilai agama islam tersebut, juga mengembagkan ilmu pengetahuan sejalan dengan nilai-nilai islam yang di landasi ialah proes Ikhtiyariyah yang secara pedagogis mampu mengembangkan hidup anak didik ke arah kedewasaam yang menguntungkan dirinya. Dalam susunan pancaindra manusia, telinga sebagai indra pendengaran, merupakan organ untuk melengkapi informasi yang diperoleh melalui penglihatan. Untuk itu penulis tertarik untuk mendalami tentang strategi pembelajaran guru pendidikan agama islam bagi anak tunarungu dengan fokus peelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak tunarungu di SDLB-B Putera Asih Kediri?, 2) Bagaimana kesulitankesulitan pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak tunarungu di SDLB-B Putera Asih Kediri, 3) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi pembelajaran pendidikan agama islan bagi anak tunarungu di SDLB-B Putera asih Kediri?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitataif dengan rancangan penelitian Deskriptif. Penelitian yang berusaha mendidkripsikan dan menginterprestasikan data yang ada. Disamping itu peneliti deskriptif terbatas pada usaha mengungkapkan sesuatu masalah atau dalam keadaan ataupun peristiwa sebagaimana adanya. Maka metode pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam peneliti ini meliputi metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak tunarungu yakni praktik, menjawab pertanyaan dan memperhatikan proses pembelajaran, 2) Kesulitan-kesulitan pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak tunarungu yakni kekurangan kosa kata, memiliki IQ yang berbeda-beda, salah presepsi dan menyandang tunarungu, 3) Strategi guru dalam megatasi pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak tunarunngu yakni strategi ekspositori yang disertai dengan metode tanya jawab, metode ceramah, dan metode demonstrasi. Dan strategi kooperatif yang disertai dengan metode diskudi dan MMR (Metode Matrial Reflektif). Selain itu juga menggunakan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir yang disertai dengan metode drill, metode resitasi dan metode karyawisata.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 15 Feb 2019 03:09
Last Modified: 15 Feb 2019 03:09
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/180

Actions (login required)

View Item View Item