Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa SD Plus An-Nur Gurah

Mansur, Alifah (2020) Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa SD Plus An-Nur Gurah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933401213_pra bab.pdf

Download (593kB)
[img] Text
933401213_bab 1.pdf

Download (465kB)
[img] Text
933401213_bab 2.pdf

Download (498kB)
[img] Text
933401213_bab 3.pdf

Download (392kB)
[img] Text
933401213_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
933401213_daftar pustaka.pdf

Download (403kB)
[img] Text
933401213_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu faktor penunjang dalam suksesnya kegiatan belajar adalah minat siswa dalam belajar. Dukungan sosial orang tua adalah kenyamanan secara fisik dan psikologis yang diberikan oleh orang tua kepada anak.Di SD Plus An-Nur Gurah, kurangnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak dan orang tua fokus pada hasil belajar saja akan mempengaruhi minat belajar siswa. Dimana dukungan sosial orang tua sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk, 1) untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap minat belajar siswa SD Plus An-Nur, 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini siswa SD Plus An-Nur Gurah, dengan total sampel 174 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan skala dukungan sosial orang tua dan skala minat belajar. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan software SPSS V20. Hasil penelitian ini adalah pertama, Pengaruh antara dukungan sosial orang tua terhadap minat belajar siswa SD Plus An-Nur Gurah sebesar 0,58. Kedua, pada tabel nilai Linearity sebesar 0,000. Nilai tersebut lebih kecil dibanding (<) 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang linear secara signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan minat belajar siswa. Artinya semakin tinggi dukungan sosial orang tua maka minat belajar siswa juga tinggi. Ketiga, menunjukkan ada pengaruh positif yang signifikan antara dukungan sosial orang tua terhadap minat belajar siswa SD Plus An- Nur Gurah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 12 Nov 2020 06:20
Last Modified: 12 Nov 2020 06:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1769

Actions (login required)

View Item View Item