STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMPN 2 PONGGOK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SARI, RINA FITRIA ARUM (2018) STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMPN 2 PONGGOK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109314_PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932109314_BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
932109314_BAB II.pdf

Download (348kB)
[img] Text
932109314_BAB III.pdf

Download (297kB)
[img] Text
932109314_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
932109314_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
932109314_BAB VI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
932109314_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Index Card Match, Konvensioanal, Kemandirian Belajar Siswa Di dalam proses pembelajaran setiap siswa selalu diarahkan agar menjadi siswa yang mandiri, dan untuk menjadi mandiri seseorang harus belajar, sehingga dapat dicapai suatu kemandirian belajar. Seorang siswa dikatakan mempunyai kemandirian belajar apabila mempunyai kemauan sendiri untuk belajar, siswa mampu memecahkan masalah dalam proses pembelajaran, siswa mempunyai tanggung jawab dalam proses belajar, dan siswa mempunyai rasa percaya diri dalam setiap proses belajar. Maka untuk itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang apakah ada perbedaan siswa yang mengikuti model pembelajaran index card match dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen, penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP N 2 Ponggok, pengambilan sampel menggunakan purpusive sampling yang diambil adalah siswa kelas dengan keseluruhan berjumlah 59 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test, yang sebelumya diuji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemandirian siswa yang mengikuti pembelajaran index card match termasuk kategori ‘’tinggi’’ dengan nilai rata-rata 87,24 (2) kemandirian siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional termasuk kategori ‘’sedang’’ dengan nilai rata-rata 79,63. (3) hasil uji t-test menunjukkan nilai thitung = 4,855 dengan tingkat sig 0,00<0,05. Berdasarkan kriteria menunjukkan bahwa thitung = 4,855> ttabel=1,671 dan nilai sig 0,00<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada perbedaan kemandirian belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran index card match dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional di SMPN 2 Ponggok

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 11 Nov 2020 04:20
Last Modified: 11 Nov 2020 04:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1763

Actions (login required)

View Item View Item