Perkembangan Pondok Pesantren Salafiyah Di Era Modern Perspektif Teori Fungsional Struktural Talcott Parsons (Studi Kasus di PESANTREN FATHUL ULUM Kwagean Krenceng Kepung Kediri)

Haryadi, Haryadi (2018) Perkembangan Pondok Pesantren Salafiyah Di Era Modern Perspektif Teori Fungsional Struktural Talcott Parsons (Studi Kasus di PESANTREN FATHUL ULUM Kwagean Krenceng Kepung Kediri). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101016008 prabab.pdf

Download (827kB)
[img] Text
92101016008 BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
92101016008 BAB II.pdf

Download (261kB)
[img] Text
92101016008 BAB III.pdf

Download (409kB)
[img] Text
92101016008 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
92101016008 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
92101016008 BAB VI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
92101016008 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] Text
92101016008 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Era Modern berpengaruh cepat terhadap perubahan hampir di semua lini kehidupan termasuk di dalamnya pesantren. Pesantren diklasifikasikan menjadi dua bagian yaitu pesantren salafiyah yang ciri utamanya adalah pengajaran kitab-kitab Islam klasik (kitab kuning/gundul) sebagai inti pendidikannya, baik menggunakan sistem sorogan, bandongan, maupun wetonan dan pesantren kholafiyah, yaitu pesantren yang di dalamnya terdapat sistem pendidikan salaf dan sistem klasikal yang lebih lengkap, karena terdapat sekolah umum dan penambahan diniyah, perguruan tinggi, koperasi, dan takhassus bahasa Arab-Inggris. Di Era Modern, menjadi wajar bila pesantren kholafiyah menjadi prioritas pendidikan. Sehingga tidak mustahil, pesantren salafiyah ketika dihadapkan pada pendidikan yang lebih teratur/modern suatu saat ditinggalkan. Pesantren Fathul Ulum Kawagean, selanjutnya disebut PFU Kwagean merupakan pesantren salafiyah yang masih survive bahkan berkembang. Fenomena inilah yang menjadikan penelitian ini menarik untuk dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan metode pengumpulan data, observasi lapangan, wawancara, dan studi dokumentasi. Tehnik analisa data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, member check, dan ketercukupan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) PFU mengalami adaptasi perkembangan dari pondok kilatan, menjadi tarbiyah maupun tahfidz. 2) Pencapaian Tujuan di PFU Kwagean menggunakan manajemen berbasis kemasyarakatan, saat ini telah mengelola 11 unit kelembagaan. 3) Integrasi perkembangan di PFU Kwagean terjadi dalam bidang tidak terjadi dalam bidang kurikulum akan tetapi dalam bidang kelembagaaan 4) Pola Pendidikan PFU Kwagean tetap berbasis salafiyah dengan aqidah ahlussunnah wal jama’ah dengan didasari kemandirian ekonomi kelembagaan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 09 Nov 2020 03:19
Last Modified: 09 Nov 2020 03:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1739

Actions (login required)

View Item View Item