Upaya Guru Agama Islam Dalam Menanamkan Budaya Religius Di SMPN 230 Pondok Ranggon Cipayung Jakarta Timur

Shomad, Abdus (2019) Upaya Guru Agama Islam Dalam Menanamkan Budaya Religius Di SMPN 230 Pondok Ranggon Cipayung Jakarta Timur. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92100412003 prabab.pdf

Download (849kB)
[img] Text
92100412003 BAB I.pdf

Download (760kB)
[img] Text
92100412003 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92100412003 BAB III.pdf

Download (485kB)
[img] Text
92100412003 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
92100412003 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[img] Text
92100412003 BAB VI.pdf

Download (305kB)
[img] Text
92100412003 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB)
[img] Text
92100412003 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kenakalan remaja merupakan suatu problem yang tidak pernah berhenti. orang tua, Guru, dan lingkungan merupakan faktor dominan yang mempengaruhinya. begitu juga dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini, tidak sedikit dampak negatifnya terhadap sikap dan perilaku; baik sebagai manusia yang beragama, maupun sebagai makhluk individual dan sosial. Hal ini membutuhkan solusi penyelesainnya. SMP Negeri 230 Jakarta berusaha mengurangi tindakan kenakalan yang terjadi pada siswanya dengan cara peningkatan dalam religius di lingkungan sekolah. Guru pendidikan agama Islam adalah orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik dengan tugas utamanya mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik agar bisa mencapai tingkat kedewasaan, mampu berdiri sendiri dan memenuhi tugasnya sebagai hamba atau khalifah Allah maupun sebagai makhluk sosial. Sedangkan problem yang dihadapi guru ada yang berasal dari guru sendiri, di antaranya sering terjadi kurang persiapan dalam proses pembelajaran, rendahnya penguasaan IPTEK, dan rendahnya kesejahteraan guru. Dan ada juga problem yang berasal dari peserta didik, wali dari peserta didik, dan juga sarana prasarana, selain itu profesionalisme pengelola sekolah juga sangat mempengaruhi hasil dari proses dan tujuan pendidikan agama Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Dalam melakukan penelitian ini, penulis langsung terjun di lokasi penelitian, yaitu di SMPN 230 Jakarta. Dalam melakukan penelitian ini penulis akan melakukan analisis terhadap data-data yang penulis dapat dari lokasi penelitian dan juga penulis akan melakukan pengecekan keabsahan terhadap temuan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya beberapa macam kegiatan budaya religius yang di SMP Negeri 230 Jakarta sangat membantu sekali dalam pembentukan karakter siswa serta dalam meningkatkan ketaatan siswa dalam menjalankan ibadah. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru agama dalam menanamkan nilai atau budaya religius di SMP Negeri 230 Jakarta 1) Menciptakan Suasana Kelas yang Religius, 2) Melaksanakan Kegiatan Keagamaan di Luar Kelas 3) Memberdayakan Kegiatan Ektrakurikuler Rohis (Rohani Islami), dan 4) Menfungsikan Masjid sebagai Pusat Berbagai Kegiatan Religi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 09 Nov 2020 02:58
Last Modified: 09 Nov 2020 02:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1736

Actions (login required)

View Item View Item