Efektivitas Penggunaan Metode Peer Tutoring dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SMPN 2 Semen Kediri tahun pelajaran 2016/2017

NISA, KHOIRUN (2017) Efektivitas Penggunaan Metode Peer Tutoring dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SMPN 2 Semen Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
i. Cover_v. Pra BAB.pdf

Download (429kB)
[img] Text
vi. BAB I.pdf

Download (17kB)
[img] Text
vii. BAB II.pdf

Download (92kB)
[img] Text
viii. BAB III.pdf

Download (49kB)
[img] Text
ix. BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text
x. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text
xi. BAB VI.pdf

Download (7kB)
[img] Text
xii. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] Text
xiii. DAFTAR RIWAYAT HIDUP_xiv. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)

Abstract

Pembelajaran agama Islam tak terlepas dari pembelajaran membaca AlQur’an, mampu membaca Al-Qur’an merupakan hal penting bagi kehidupan manusia sekarang maupun akan datang. Pentingnya belajar membaca Al-Qur’an tidak hanya pada lembaga keagamaan saja namun juga di lembaga umum. Belajar membaca Al-Qur’an tidak hanya dapat dilakukan dengan guru Pendidikan Agama Islam saja akan tetapi dapat juga dengan teman sebaya yang lebih pandai membaca Al-Qur’an. Efektivitas pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMPN 2 Semen Kediri diketahui dengan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang diajar oleh teman sebayanya. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penggunaan metode peer tutoring dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMPN 2 Semen Kediri? 2) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMPN 2 Semen Kediri dengan menggunakan metode peer tutoring? Tujjuan penelitian: 1) untuk mengetahui penggunaan metode peer tutoring dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMPN 2 Semen Kediri. 2) untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMPN 2 Semen Kediri dengan menggunakan metode peer tutorin. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah studi kasus untuk menganalisis dilakukan melalui tiga jalur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan , ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) penggunaan metode peer tutoring dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an siswa di SMPN 2 Semen Kediri, dilaksanakan setiap hari senin hingga kamis pada pukul 06.30-07.00 WIB di mushola sekolah SMPN 2 Semen. Setiap siswa yang pandai membaca Al-Qur’an dijadikan tutor/ guru untuk mengajar teman sebayanya yang belum pandai membaca Al-Qur’an, media yang digunakan adalah buku Iqro’. 2) kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMPN 2 Semen dengan menggunakan metode peer tutoring dapat diketahui melalui: kemampuan membaca huruf-huruf hijaiyah, kelancaran membaca Al-Qur’an sesuai tingkat kemampuan masing-masing dan ketepatan makhorijul huruf dan tajwid sesuai dengan level mengaji masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 14 Feb 2019 03:12
Last Modified: 14 Feb 2019 03:12
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item View Item