IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DALAM MENUMBUHKAN AKHLAK SISWA DI MTSN 5 NGANJUK

GOZALI, IMAM (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DALAM MENUMBUHKAN AKHLAK SISWA DI MTSN 5 NGANJUK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932133214_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)

Abstract

Keywords: Learning Ta'limul Muta’allim, Moral’s Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran kitab ta’limul muta’allim dalam menumbuhkan akhlak siswa di MTsN 5 Nganjuk. Untuk mencapai tujuan ini, maka metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data dapat diperoleh melalui hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil dari penerapan pembelajaran kitab ta’limul muta’allim kaitannya dengan akhlak siswa sebagaimana yang diperoleh peneliti yakni siswa sudah menerapkan tentang pembelajaran yang ada dalam kitab ta’limul muta’allim seperti bab mengangungkan ilmu dan ahli ilmu dan bersungguh-sungguh dalam, kontinuitas dan memiliki cita-cita yang luhur. 2) faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pembelajaran kitab ta’limul muta’allim yakni kurangnya pengawasan dari guru sehingga menjadikan kelas kurang kondusif, juga pelaksanaanya menjelang istirahat sehingga pikiran siswa itu sudah berfokus pada njajan. Untuk mengatasi faktor penghambat yang dialami perlu adanya evaluasi yang menyeluruh dan dukungan semua guru yang mengawasi di kelas agar lebih tegas dalam memperhatikan siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim, Akhlak

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 05 Nov 2020 02:34
Last Modified: 05 Nov 2020 02:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1728

Actions (login required)

View Item View Item