Penguatan Pendidikan Agama Islam Tentang Ubudiyah Melalui Pembelajaran Kitab Fathul Qorib (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Darussalam Krempyang Tanjunganom Nganjuk)

FAUZI RIZQON, FITRON ALVI (2020) Penguatan Pendidikan Agama Islam Tentang Ubudiyah Melalui Pembelajaran Kitab Fathul Qorib (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Darussalam Krempyang Tanjunganom Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932120214_pra bab.pdf

Download (375kB)
[img] Text
932120214_bab 1.pdf

Download (506kB)
[img] Text
932120214_bab 2.pdf

Download (440kB)
[img] Text
932120214_bab 3.pdf

Download (347kB)
[img] Text
932120214_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text
932120214_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
932120214_bab 6.pdf

Download (414kB)
[img] Text
932120214_daftar pustaka.pdf

Download (415kB)
[img] Text
932120214_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ubudiyah menjadi salah satu pondasi dalam kehidupan sehari-hari umat Islam, Saat ini telah banyak buku maupun kitab yang membahas ilmu Ubudiyah. Dalam pembelajaran ubudiyah di Madrasah Aliyah Darussalam salah satu bahan ajar yang digunakan adalah kitab Fathul Qorib yang dianggap memiliki kejelasan dalam mempelajarinya. Penelitian ini bertujuan 1)untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Ubudiyah dengan Kitab Fathul Qorib. 2)untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran ubudiyah dengan kitab Fathul Qorib di Madrasah Aliyah Darussalam Krempyang Tanjunganom Nganjuk. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus (case study). Dilaksanakan di Madrasah Aliyah Darussalam Krempyang Tanjunganom Nganjuk pada bulan Nopember 2019. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa Madrasah Aliyah Darussalam Krempyang Tanjunganom Nganjuk. Sedangkan informannya yaitu, kepala madrasah dan pengurus di Pondok Pesantren Miftahul Mubtadiin Krempyang Tanjunganom Nganjuk. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Data dianalisis dengan menggunakan analisis interaktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilakukan setiap hari senin malam selasa pada pukul 19.00 WIS sampai 20.00 WIS. Kegiatan pembelajaran pada pembukaan, guru mengucapkan salam dan tawasul dengan membaca al fatihah secara bersama-sama. Selanjutnya kegiatan inti. Guru membacakan materi kemudian menerjemahkan dalam bahasa jawa selanjutnya santri menyimak dan memaknai pada kitab masing-masing. Kegiatan penutup, santri membaca surat al asr secara bersama-sama dan diakhiri dengan salam. 2) Terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran, diantaranya faktor pendukung tersebut adalah semangat santri dalam memperdalam ilmu agama, kemampuan pendidik dalam mengelola kelas. Sedangkan faktor penghambatnya ialah, kurangnya ketegasan dalam menyikapi murid yang tidur dikelas, padatnya kegiatan pondok sehingga siswa banyak yang tidur dikelas pada saat jam pelajaran berlangsung. Adapun evaluasi yang digunakan yaitu evaluasi harian dengan cara siswa diminta untuk maju membacakan dan memaknai dengan bahasa jawa yang ditulis dengan huruf pegon dan diadakan ulangan akhir semester

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 27 Oct 2020 03:11
Last Modified: 27 Oct 2020 03:11
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1710

Actions (login required)

View Item View Item