Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Qur’an Sisiwa MTsN 2 Kota Blitar Tahun Ajaran 2016/2017

Ummah, Khoirul (2017) Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Qur’an Sisiwa MTsN 2 Kota Blitar Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
1.cover skripsi_5. PRABAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6.BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
7.BAB II.pdf

Download (745kB)
[img] Text
8.BAB III.pdf

Download (360kB)
[img] Text
9.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
10.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text
11.BAB VI.pdf

Download (283kB)
[img] Text
12.Daftar Pustaka.pdf

Download (212kB)
[img] Text
1.LAMPIRAN FOTO_15.DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Melihat realita sekarang ini anak-anak masih banyak yang belum lancar dalam membaca al-Qur’an, ini bisa terjadi karena anak-anak jarang membaca al-Qur’an atau mungkin dirumah mereka tidak mengaji. MTsN 2 Kota Blitar ini sangat memperhatian dalam segi meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswanya. Ada sebuah wadah untuk siswa yang kurang mampu dalam membaca al-Qur’an yaitu Bengkel al-Qur’an, dan hanya ada disekolah ini dan tidak ada di sekolah lain. Bengkel al-Qur’an ini diwajibkan bagi siswa yang kurang lancar dalam membaca al-Qur’an. Tujuannya agar siswa keluar dari MTsN 2 Kota Blitar benar-benar mampu membaca al-Qur’an dengan lancar. Disinilah peran guru sangat diperlukan untuk membimbing mengarahkan mengontrol dan memberi motivasi terhadap siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an, karena guru adalah faktor penting yang berpengaruh terhadap keberhasilan belajar membaca al-Qur’an siswa. Masalah yang ingin akan diungkap dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan membaca al-Qur’an siswa MTsN 2 Kota Blitar? 2) Bagaimana peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa MTsN 2 Kota Blitar? Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskrptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisi datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an di MTsN 2 Kota Blitar, diantaranya : mampu membaca secara tartil, mampu membaca al-Qur’an dengan menerapkan ilmu Tajwid. 2) peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa MTsN 2 Kota Blitar, diantaranya : peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai motivator, peran guru sebagai demonstrator, peran guru sebagai korektor dan peran guru sebagai evaluator.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 14 Feb 2019 03:00
Last Modified: 14 Feb 2019 03:00
URI: http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item View Item